Kenali Yuk Sederet Jenis Filtered Coffee yang Perlu Kamu Tahu!

filtered coffee
Credit: Krists Luhaers (Unsplash)

Filtered Coffee-Menyeruput secangkir kopi yang nikmat sudah menjadi bagian dari banyak orang. Zaman sekarang, siapa sih yang tidak menyukai minuman bersahabat ini?

Nah, apakah kamu tahu? Sebenarnya kopi itu bisa dibuat menggunakan mesin espresso atau dibuat secara manual menggunakan filtered coffee. Tentunya, tampilan, aroma, dan cita rasa yang dihasilkan pun juga berbeda.

Nah, buat kamu yang suka menikmati kopi dengan metode manual brew dan menggunakan filtered coffee, jangan lupa untuk selalu membersihkan filtered coffee dengan air panas sebelum menggunakannya. Sebab, bisa saja terdapat zat-zat atau kotoran pada filter tersebut yang dapat merusak cita rasa kopi.

Akan tetapi, apakah kamu tahu apa saja jenis filtered coffee yang bisa menghasilkan secangkir kopi yang nikmat? Wajib banget tahu nih bagi kamu yang suka menyeduh kopi dengan teknik manual brew.

Selain beda penggunaannya, filter-filter ini juga menghasilkan rasa yang berbeda. Merangkum dari berbagai sumber, Yuk simak artikel ini sampai habis ya!

Filtered Coffee #1: Filter Chemex

filter chemex

Jenis filtered coffee chemex disebut filter dengan rasa yang paling netral dan jernih alias bersih. Tak hanya itu saja, bentuknya yang klasik pun berasal dari negara Amerika.

Kopi yang dihasilkan dengan filter ini memberikan tekstur yang tipis di mulut dan sedikit membawa aroma bunga yang harum. Selain itu, filter ini akan memberikan rasa kering di mulut kamu ketika diteguk atau diminum.

Filtered Coffee #2: Melitta Oxygen Bleached

Ilustrasi Melitta oxygen bleached
Credit: dailycoffeenews.com

Kalau yang satu ini memberikan aroma dari kertas bawaan, bahkan kopi yang dihasilkan lebih berat dan teksturnya pun terasa penuh saat diminum. Melitta oxygen bleached ini menghasilkan aroma kertas murni tanpa adanya aroma lain yang terbawa saat diseduh.

Selain itu, rasanya pun juga tidak akan bercampur dengan rasa kertas meskipun kertasnya tidak dicuci terlebih dahulu sebelum digunakan.

Nah, kenapa disebut oxygen bleached, karena memang asalnya dari kertas yang di-bleaching, tetapi tetap aman untuk menyeduh kopi.

Filtered Coffee #3: Hario V60

Hario V60
Credit: finnishdesignshop.com

Jenis filter selanjutnya adalah Hario V60 yang dapat memberikan cita rasa grassy untuk seduhan kopi pertama dan juga memberikan rasa yang netral untuk seduhan berikutnya.

Selain itu, cita rasa yang disajikan pun tidak akan banyak berubah dan cenderung seimbang dengan rasa asli kopinya.

Filter ini dapat memberikan rasa kopi bersih dengan aroma citrus yang tersamar. Kamu hanya membutuhkan beberapa menit saja sampai kopi tersaring dengan sempurna.

Filtered Coffee #4: Melitta Unbleached Natural

Ilustrasi Melitta Unbleached Natural
Credit: perfectdailygrind.com

Jenis filtered coffee yang satu ini tanpa menggunakan bleaching, disebut melitta unbleached natural. Filter ini tidak melewati proses pemutihan, sehingga bentuknya berwarna cokelat.

Selain itu, melitta unbleached natural memberikan cita rasa yang tipis pada bilasan pertama dan kedua, bahkan memberikan rasa kering yang mencolok di dalam mulut kamu. Kira-kira tertarik tidak nih?

Filtered Coffee #5: Sock Cloth Filter

Sock Cloth Filter
Credit: knowyourgrinder.com

Filter berbahan kain ini memberikan rasa kopi yang kuat, dan hanya saja terdapat aroma kain wol basah yang mungkin dari bahan kainnya.

Walaupun begitu, beberapa pecinta kopi juga ada yang menyukainya dan juga ada yang menghindarinya sesuai selera masing-masing.

Filtered Coffee #6: Able Kone

Able Kone
Credit: caravancoffee.com

Sebenarnya yang satu ini bukanlah sebuah filter kertas melainkan sebuah corong yang terbuat dari mempunyai lubang kecil di bagian bawahnya.

Able kone didesain khusus untuk digunakan bersama chemex dan alat kopi lainnya yang mendukung. Selain itu, able kone ini diletakkan di atas chemex dan menghasilkan rasa kopi yang berbeda dengan filter kertas chemex.

Tak hanya itu, able kone menghasilkan rasa yang lebih tebal, kuat, sedangkan filter chemex menghasilkan rasa yang bersih dan netral.

Terakhir, able kone juga menghasilkan rasa yang kuat, sedikit berminyak, dan mirip dengan kopi yang dihasilkan melalui french press.

Filtered Coffee #7: Able Disk

Able Disk
Credit: clivecoffee.com

Able disk yang terbuat dari stainless steel berbentuk lempeng, dan juga bisa digunakan selama beberapa kali. Biasanya, able disk digunakan bersama dengan alat penyeduh kopi aeropress.

Selain itu, able disk ini terdiri dari dua jenis, yaitu standar dan halus (fine), dengan memiliki ukuran lubang dan level yang berbeda. Rasa kopi yang dihasilkan dari able kone pun lebih kuat, tebal di mulut, berminyak, dan bertekstur.

Jika kamu menginginkan hasil yang lebih bersih dan jernih, bisa menambahkan filter kertas pada able disk. Sebab, filter kertas mampu memberikan hasil yang optimal untuk segala jenis alat penyeduh kopi yang ada.

Filtered Coffee #8: Vietnam Drip

Vietnam Drip
Credit: kaskus.co.id

Jenis filtered coffee yang berasal dari negara Vietnam ini sangat terkenal di Indonesia karena penggunaannya yang terbilang mudah. Jenis filter ini terbuat dari saringan berbahan metal yang diletakkan pada cangkir khusus atau disebut vietnamese dripper.

Uniknya filter ini dapat menciptakan racikan kopi khusus yang dibuat dengan cara menuangkan susu kental manis sebelum diseduh dengan kopi saringan. Rasa yang dihasilkan pun manis dan juga memiliki tekstur yang kental.


Nah, itu dia sederet jenis filtered coffee yang digunakan saat menyeduh kopi secara manual. Rasa yang dihasilkan pun berbeda-beda, serta teksturnya yang dihasilkan juga berbeda.

Buat kamu yang suka kopi manual brew, ada baiknya mencoba menggunakan sederet jenis filtered coffee di atas agar hasil minumannya pun jauh lebih nikmat.

Selain itu, kamu juga perlu tahu, selain menggunakan filter untuk menghasilkan kopi yang enak, ternyata juga berasal dari biji kopi mentahnya. Tentu saja, dengan biji kopi berkualitas mampu menciptakan cita rasa kopi yang sempurna.

Di mana sih beli biji kopi yang berkualitas? Tak perlu khawatir! Lakopi.id menyediakan berbagai jenis kopi yang berkualitas dan dipetik langsung oleh para petani. Yuk! Kunjungi lakopi.id sekarang juga, salam Labuhan Kopi.

Suci Risanti Rahmadania
Hidup itu adalah pilihan. Menjadi seorang penulis itu adalah pilihan saya.