Mengenal SCAI – Specialty Coffee Association of Indonesia!

specialty coffee association of indonesia
Photo by Kay Wood on Unsplash

Specialty Coffee Association of Indonesia – Pernah mendengar tentang specialty coffee atau kopi specialty? Well, bukan hal yang tabu jika kamu cukup akrab dengan industri kopi. Kopi specialty menjadi bahasan umum dan penting tentunya dalam industri kopi.

Istilah kopi specialty digunakan untuk menyatakan tingkat kualitas suatu jenis kopi. Pentingnya pemahaman akan kopi specialty kemudian membentuk organisasi-organisasi kopi di seluruh dunia. Untuk skala global, ada Specialty Coffee Association atau SCA. 

Specialty Coffee Association (SCA) sendiri adalah asosiasi perdagangan yang dibangun di atas dasar keterbukaan, inklusivitas, dan kekuatan pengetahuan bersama. Organisasi ini berisikan banyak komunitas kopi dari seluruh rantai produksi kopi dengan skala global tentunya.

Bicara mengenai SCA yang tersebar di seluruh dunia, Indonesia ternyata memiliki organisasi serupa, loh! Yup! Specialty Coffee Association of Indonesia atau akrab dengan SCAI.

Apa itu Specialty Coffee Association of Indonesia? Apa yang ada dalam organisasi tersebut dan bagaimana mereka berperan? Yuk kita kenalan lebih dekat dengan SCAI!

biji kopi arabika
Photo by Clint McKoy on Unsplash

Apa itu Specialty Coffee Association of Indonesia?

Sebelum kita bahas lebih jauh, kamu perlu tahu bahwa Specialty Coffee Association of Indonesia juga akrab disebut dengan AKSI atau Asosiasi Kopi Specialty Indonesia!

SCAI adalah sebuah serikat dagang yang mewadahi para pemangku kepentingan dalam industri kopi di Indonesia, mencakup para petani, pengolah kopi, rumah sangrai, barista, pedagang, eksportir, kedai kopi, penyedia peralatan kopi, peritel, serta pihak pemerintahan dan swasta.

Merasa familiar dengan organisasi asosiasi dagang yang lain? Yup! SCAI merupakan salah satu jaringan global dari Specialty Coffee Association!

SCAI dibentuk untuk meningkatkan kualitas mutu serta kuantitas perkopian Indonesia. SCAI memiliki semboyan yaitu “Istimewa dalam Keanekaragaman”. Semboyan ini merupakan cerminan dari keragaman rasa kopi yang ada di Indonesia.

Berbagai kalangan petani yang menanamnya dan lingkungan dimana yang ditanam menyebar dari barat ke timur di seluruh Kepulauan Indonesia. Semboyan ini juga berarti bahwa setiap ekosistem dan tanah di Indonesia (tempat tumbuh kopi) telah diciptakan untuk kopi dengan berbagai profil cita rasa sesuai dengan tempatnya ditanam.

kopi yang berkualitas
Credit: Lakopi Indonesia

Sejarah Specialty Coffee Association of Indonesia

Pada tahun 2007, beberapa kelompok petani kopi Indonesia, eksportir, roaster dan pengecer memutuskan untuk membentuk Asosisai Kopi Spesial Indonesia (AKSI) atau Specialty Coffee Association of Indonesia. SCAI didirikan pada tahun 2008 dan keanggotaannya terbuka bagi individu, lembaga dan komunitas kopi yang berhubungan dengan kopi specialty (sebelumnya hanya Arabika tetapi kemudian Robusta terbaik juga tersedia) dari Indonesia.

Sama halnya dengan Specialty Coffee Association, SCAI juga memiliki cakupan anggota hampir di seluruh rantai produksi kopi yang termasuk di dalamnya petani Individu, kelompok tani, pembeli, roaster, eksportir, pengecer dan individu / orang yang memiliki misi yang sama.

Tahukah kamu? SCAI juga berafiliasi dengan Kementrian Perindustrian Republik Indonesia dan Kementrian Pertanian Republik Indonesia, loh! Tentunya hal ini dilakukan untuk mendukung penuh peran SCAI kepada perkembangan industri kopi di Indonesia.

keuntungan marektplace
Credit: Lakopi Indonesia

Apa Misi dari Specialty Coffee Association of Indonesia?

Sebagai organisasi yang mewakili dan menaungi aktor-aktor dari industri kopi Indoesia, SCAI tentu memiliki misi untuk mencapai tujuan utamanya yaitu: meningkatkan kualitas mutu serta kuantitas perkopian Indonesia.

Apa saja sih misi dari Specialty Coffee Association of Indonesia ini? Yuk kita simak di bawah!

  • Meningkatkan mutu (Quality), Jumlah (Quantity) dan Harga Pasar (Market Price) kopi specialty di Indonesia.
  • Merupakan forum yang efektif sebagai mediator dan fasilitator bagi semua anggota yang terlibat untuk menghasilkan pendapatan dan kehidupan yang lebih baik.
  • Membantu pembelajaran/edukasi di tingkat budidaya, proses, Sertifikasi Uji Citarasa (Q dan R Grader), sertifikasi biji kopi (Q Coffee License) serta pemasaran kopi spesialti Indonesia di pasar lokal dan Internasional.
orang bertani kopi
Credit: perfectdailygrind.com

Apa Saja Program dari Specialty Coffee Association of Indonesia?

Sesuai dengan misi dan tujuan adanya organisasi ini, tentu dilengkapi dengan program-program yang dikeluarkan dari SCAI itu sendiri. Apa saja sih program dari SCAI? Program dari SCAI sendiri dibagi menjadi empat secara garis besar yaitu program Roasting, Brewing, Sensory dan Barista. 

Mau tahu lengkapnya? Yuk simak di bawah ini!

Program Roasting

Dalam program Roasting, SCAI melakukan edukasi dan pemahaman akan ilmu roasting kopi itu sendiri. Modul yang diberikan mencakup kecacatan dari roasting kopi, perubahan fisik yang terjadi selama proses roasting, serta manajemen kerja dan produksi.

Program ini akan mempelajari level roasting kopi dari mulai ilmu dasar roasting kopi, termasuk di dalamnya roast cycle serta bagaimana cara mengontrol aspek sensorik dari tingkatan/ level roasting. Selain itu tentunya manajemen untuk kontrol kualitas hasil roasting, hingga menghitung biaya produksi dan memastikan semua berjalan efisien.

Roaster design
Credit: René Porter (Unsplash)

Program Brewing

Sama halnya dengan program Roasting, program Brewing ini tentunya memberikan edukasi tentang dasar-dasar yang harus diketahui dalam brewing kopi. Well bukan hanya dasar namun juga hingga intermediate level dari brewing kopi.

Pada program ini kamu akan belajar bagaimana brewing kopi mulai dari menganalisa grind profile, mencocokan grind size dengan metode brewing yang akan kamu gunakan, dan tentunya paling penting yaitu bagaimana mengontrol ekstraksi.

Program ini akan mengajarkan dan mengedukasi tentang hal-hal berkaitan dengan brewing kopi serta elemen-elemen yang mempengaruhi hasil brewing, juga metode serta alat-alat brewing kopi.

Kalita wave
Credit: The Coffee Lab

Program Sensory

Program Sensory akan mengajarkan tentang pentingnya evaluasi sensorik dengan lebih praktis dan interaktif. Program ini juga akan memberikan wawasan tentang bagaimana mengidentifikasi kopi specialty serta gambaran untuk menerapkan ilmu sensorik untuk kepentingan bisnis.

Program ini akan memberikan ilmu tentang esensi evaluasi sensorik dari kopi dengan cara yang praktis. Sensorik akan berguna untuk mengidentifikasi dan mengevaluasi karakteristik alami yang dimiliki oleh kopi.

cupper
Credit: majalah.ottencoffee.co.id

Specialty Coffee Association of Indonesia menjadi salah satu wadah/ organisasi yang baik untuk industri kopi di Indonesia. Menjalin kerja sama baik global maupun lokal tentu akan sangat menguntungkan pihak-pihak yang ikut di dalamnya bersama untuk mengembangkan industri kopi di Indonesia.

Well, kita bisa juga loh membantu petani kopi di Indonesia. Bagaimana caranya? Kamu bisa mulai dengan membeli biji kopi mentah dengan sistem direct trade langsung ke petani kopi! Tenang! Kamu tidak perlu mengunjungi petani kopi secara langsung.

Lakopi Indonesia memiliki sistem direct trade yang langsung terhubung dengan petani kopi dalam penjualan biji kopi mentah. Jadi, kamu bisa langsung kunjungi Lakopi.id untuk membeli biji kopi mentah pilihanmu dan bantu sejahterakan petani Indonesia!

Salam, Lakopi Indonesia.