Yuk Kenalan dengan Specialty Coffee Association!

specialty coffee association
Photo by Marc Babin on Unsplash

Specialty Coffee Association – Kopi specialty bukan lagi hal tabu jika masuk ke dalam pembahasan tentang industri kopi. Kopi specialty menjadi tolak ukur kualitas dari kopi yang akan konsumsi sehari-hari.

Tahukah kamu? Istilah specialty digunakan untuk menyatakan tingkat kualitas suatu jenis kopi!

Specialty coffee merupakan kopi dengan kualitas yang tinggi, baik itu soal rasa mau pun dari segi aromanya. Istilah specialty coffee pertama kali dicetuskan oleh seorang wanita bernama Erna Knutsen pada jurnalnya yang berjudul Tea and Coffee trade journal.

Namun, pernahkah kamu mendengar tentang Specialty Coffee Association? Apa itu Specialty Coffee Association dan apa pengaruhnya terhadap industri kopi?

Yuk kita bahas bersama lewat artikel di bawah ini!

proses pengeringan biji kopi
Photo by Christian Burri on Unsplash

Apa itu Specialty Coffee Association?

Specialty Coffee Association (SCA) adalah asosiasi perdagangan yang dibangun di atas dasar keterbukaan, inklusivitas, dan kekuatan pengetahuan bersama. Tujuan SCA adalah membina komunitas kopi global untuk mendukung aktivitas membuat kopi menjadi aktivitas yang lebih berkelanjutan, adil, dan berkembang untuk seluruh rantai nilai.

SCA memiliki keanggotan hampir di seluruh dunia yang mencakup petani kopi hingga barista. Yup! Specialty Coffee Association mencakup setiap elemen rantai dalam industri kopi. Berdasarkan tujuan dasarnya, SCA didedikasikan untuk membangun industri kopi yang adil, berkelanjutan dan juga memanfaatkan wawasan dan inspirasi dari berbagai komunitas kopi specialty.

SCA memiliki visi untuk menciptakan organisasi yang efektif, otentik dan dinamis untuk memberikan suara dan substansi pada kemungkinan kopi spesial di seluruh dunia. Sedangkan misinya adalah untuk melibatkan, menginsipirasi dan memperluas komunitas kopi specialty secara global yang berkelanjutan melalui leadership in events, education, dan research.

biji kopi
Credit: perfectdailygrind.com

Sejarah Specialty Coffee Association!

Specialty Coffee Association didirikan pada 4 tahun lalu tepatnya Januari 2017. Specialty Coffee Association merupakan penyatuan dari dua asosiasi yaitu Specialty Coffee Association of America dan Specialty Coffee Association of Europe.

The Specialty Coffee Association of America (SCAA) didirikan pada tahun 1982 oleh sekelompok coffee professional yang mencari forum bersama untuk membahas berbagai masalah dan menetapkan standar kualitas untuk perdagangan kopi specialty. Selama 25 tahun, SCAA tumbuh menjadi asosiasi perdagangan kopi terbesar di dunia dengan hampir 2.500 anggota perusahaan.

The Speciality Coffee Association of Europe (SCAE) dibentuk pada pertemuan perwakilan komunitas kopi Eropa yang diadakan di London pada tahun 1998. Pada tahun 2016, SCAE memiliki ratusan anggota individu dan perusahaan dan mendukung jaringan cabang yang dipimpin oleh sukarelawan yang berkembang pesat di seluruh Eropa.

biji kopi arabika
Photo by Clint McKoy on Unsplash

Apa Saja yang Ada di Specialty Coffee Association?

Well, seperti yang disebutkan sebelumnya, SCA memiliki misi untuk melibatkan, menginsipirasi dan memperluas komunitas kopi specialty secara global yang berkelanjutan melalui leadership in events, education, dan research. Misi tersebut kemudian dilaksanakan melalui berbagai program dan kegiatan dari SCA yang tentunya dengan satu tujuan: membina dan mengembangkan komunitas kopi.

SCA Education!

Dari bagian edukasi sendiri SCA sepertinya tidak main-main, loh! Sebagai salah satu asosiasi kopi yang memiliki jaringan secara global SCA memiliki 3 program utama dalam upayanya untuk meng-edukasi yaitu Coffee Skills Program, Coffee Sustainability Program dan Coffee Technicians Program. 

SCA Education Programs dibangun di atas pengetahuan, penelitian, dan pengalaman nyata selama puluhan tahun yang dirancang untuk membantu kamu menciptakan karier yang sukses di industri kopi. Program pendidikan nantinya akan memberikan sertifikat SCA kepada para peserta yang mengikuti program.

Selain Education Programs, SCA juga menyediakan course serta pelatihan juga program menarik lainnya. Kamu bisa kunjungi website nya di sini untuk tahu info lebih lanjut!

SCA education
Photo by Neonbrand on Unsplash

Events dari SCA!

SCA juga memiliki banyak sekali events kopi yang tidak kalah menarik! Tentunya, mengadakan events merupakan salah satu cara dalam mencapai tujuan SCA yang telah disebutkan sebelumnya. SCA sendiri mempunyai expo bertajuk Specialty Coffee Expo dan akan hadir juga di tahun 2021!

Tentunya, karena pandemi Covid-19 banyak events yang tertunda bahkan dialihkan menjadi online events. Kabar baiknya selama beberapa bulan ke depan, staf dan relawan dari SCA akan meluncurkan seminar, diskusi terbuka, dan sumber daya lainnya — dimana semua tersedia secara online, apa pun status keanggotaannya!

Untuk tahu apa saja upcoming events dari SCA yang tersedia beberapa bulan ke depan, check this out!

Specialty coffee expo
Credit: coffeeexpo.org

SCA Research!

Dalam bidang research ini tentunya Specialty Coffee Association mengambil bagian dalam meneliti beberapa prinsip-prinsip serta ‘hal ilmiah’ dari kopi itu sendiri. Selain itu juga berkembang menjadi penelitian dari bidang pertanian kopi hingga sensorik rasa dari kopi sebagai objek utama penelitian.

Penelitian yang dilakukan SCA diharapkan akan mengembangkan pengetahuan, pendidikan, merumuskan standar yang lebih baik lagi untuk kopi specialty dan praktik terbaik dari specialty coffee trade. SCA juga menyediakan laporan dan penelitian yang dilakukan untuk di baca dan pahami dan di akses melalui websitenya. Kamu bisa kunjungi website nya di sini untuk tahu lebih lanjut!

SCA research
Photo by Scott Graham on Unsplash

Untuk keanggotaan serta core values yang mungkin kamu masih penasaran, kamu dapat langsung mengunjungi website resmi dari Specialty Coffee Association! Kunjungi website nya lewat tautan berikut ini!

Selain sebagai asosiasi dagang dengan jaringan global, SCA juga menjadi ‘wadah’ untuk perkembangan komunitas kopi, loh! Terbukti dari program-program, event yang diadakan, serta cakupan dari segala usaha tersebut. Tentunya mencakup berbagai rantai dari industri kopi.

Selain itu pengembangan komunitas kopi dari SCA didukung dengan adanya Specialty Coffee Association dari berbagai negara yang memiliki misa kurang lebih sama: membina dan mengembangkan komunitas kopi -tentunya tidak terkecuali Indonesia!


Jangan lupa jika kamu ingin mencari biji kopi mentah dengan mudah dan lebih praktis, kamu bisa kunjungi Lakopi.id dan pilih biji kopi mentah sesuai pilihanmu!

Salam, Lakopi Indonesia.