Keren! Indonesia Punya Sustainable Coffee Platform of Indonesia!

Sustainable Coffee Platform of Indonesia
Photo by Kevin Martin Jose on Unsplash

Sustainable Coffee Platform of Indonesia – Mungkin kamu pernah mendengar organisasi kopi berskala besar seperti SCA atau SCAI. Well, ternyata Indonesia punya coffee platform yang keren, loh!

Platform sendiri menurut KBBI diartikan sebagai sebuah program atau rencana kerja. Sedangkan, platform dalam artian sebenarnya berarti gabungan perangkat keras (hardware) dan perangkat lunak (software) secara sederhana platform adalah media atau wadah yang digunakan untuk menjalankan software.

Platform tentang kopi sendiri tentu belum banyak hadir di Indonesia. Adanya platform ini juga berarti ada organisasi dibaliknya yang tentu juga bergerak di bidang indsutri kopi. Isu tentang Sustainable Coffee atau Kopi yang Berkelanjutan bukan hal baru lagi untuk di bahas.

Kira-kira apa itu Sustainable Coffee Platform of Indonesia? Apa saja yang mereka usung dan hadirkan melalui platform ini? Yuk kita kenal mereka lebih dalam!

biji kopi arabika
Photo by Clint McKoy on Unsplash

Apa itu Sustainable Coffee Platform of Indonesia?

Sustainable Coffee Platform of Indonesia (SCOPI) adalah organisasi non-profit yang berbadan hukum dalam bentuk perkumpulan untuk pelaku pasar dalam sektor kopi dan pemangku kepentingan yang peduli terhadap pengembangan kopi di Indonesia yang didirikan pada 31 Maret 2015. 

Sustainable Coffee Platform of Indonesia (SCOPI) dibentuk dalam rangka pengembangan dan keberlanjutan komoditas kopi di Indonesia -tentu saja. Lebih spesifik adalah terkait Kopi yang Berkelanjutan atau Sustainable Coffee. Untuk penguatan organisasi serta pencapaian tujuan utama dan visi misi, maka SCOPI tidak hanya bersinergi dengan pemerintah pusat saja, namun juga dengan pemerintah daerah.

SCOPI memiliki visi yaitu mempromosikan dan meningkatkan public private partnership di dalam komoditas kopi untuk mencapai kesempatan ekonomi untuk petani, ketahanan pangan dan kelestarian lingkungan. Selain itu, untuk mencapai visi tersebut terdapat 3 misi yang diemban oleh SCOPI yaitu:

  • Inti dan pendorong dari SCOPI adalah program pengembangan public private partnership kepada pelaku kopi di seluruh Indonesia.
  • SCOPI memfasilitasi pembelajaran bersama dari prkatik-praktik keberhasilan, serta keselarasan semua program yang mengerahkan para pelaku kopi untuk saling bersinergi.
  • SCOPI mempromosikan kolaborasi antar asosiasi kopi nasional.
pengeringan di bawah sinar matahari
Credit: 123RF.com

Sejarah Sustainable Coffee Platform of Indonesia

Sejarah dibentuknya Sustainable Coffee Platform of Indonesia atau SCOPI tertuang jelas pada website scopi.or.id, dilansir website resmi SCOPI tersebut pembentukan platform ini berawal dari Lokakarya Membangun Pasar Kopi Indonesia yang Inklusif yang diadakan di Jakarta pada 7 November 2013.

Selanjutnya terjadi ‘pertemuan curah pendapat tentang Forum Kopi Berkelanjutan yang diadakan di kantor Ford Foundation pada 7 April 2014. Masih di bulan yang sama, pada 28 April 2014 terjadi pertemuan ahli kopi di Lampung yang dihadiri oleh pihak swasta, akademisi, LSM hingga kedutaan.

Berlanjut di bulan September, terjadi pertemuan ahli kopi kedua di Kedutaan Kerajaan Belanda, Jakarta yang dihadiri oleh 25 orang yang juga dihadiri oleh pihak swasta, akademisi, Kementrian Pertanian RI, LSM, asosiasi dan kedutaan.

Setelah berlangsung pertemuan ahli kopi untuk kedua kalinya, kemudian pada Oktober 2014 terjadi pertemuan ahli kopi nasional di Jakarta, dimana dalam pertemuan ini kemudian disepakati adanya pembentukan forum kopi nasional dengan nama Sustainable Coffee Platform of Indonesia atau Kemitraan untuk Kopi Berkelanjutan Indonesia (KKBI). SCOPI secara resmi diluncurkan pada 31 Maret 2015 di Jakarta.

biji kopi
Credit: perfectdailygrind.com

Target dari Sustainable Coffee Platform of Indonesia!

Sebagai platform juga organisasi yang mendukung perkembangan dan keberlanjutan komoditas kopi, SCOPI memiliki target tertentu pada tahun 2021 ini. Para anggota dan pemangku kepentingan kopi mengharapkan SCOPI berfungsi sebagai Enabler, Convener, Knowledge Management, dan Advocator untuk mewujudkan kopi yang berkelanjutan.

Beberapa target/ tujuan bersama SCOPI pada tahun 2021 yaitu:

  • Penguatan Organisasi Petani Para petani yang teorganisasi, dilatih dan didampingi tentang praktik budidaya kopi yang baik dan berkelanjutan.
  • Peningkatan Produktivitas dan Kualitas Kopi – Penerapan praktik budidaya kopi yang baik dan berkelanjutan serta teknik pascapanen.
  • Akses Asupan Pertanian – Petani mendapatkan akses asupan untuk pertanian.
  • Standar Indikasi Geografis – Meningkatkan pengetahuan pemangku kepentingan di bidang kopi tentang Standar Keberlanjutan dan Indikasi Geografis.
  • Standar Perkebunan Berkelanjutan – Para pemangku kepentingan di sektor kopi Indonesia memperoleh manfaat, peningkatan kesadartahuan dan adopsi standar perkebunan berkelanjutan.
  • Program Kerja Sama & Kemitraan – Peningkatan Public-private Partnership untuk mewujudkan kopi Indonesia berkelanjutan.
proses natural
Credit: majalah.ottencoffee.co.id

Kegiatan dari Sustainable Coffee Platform of Indonesia

Dilansir oleh scopi.or.id kegiatan yang SCOPI lakukan sesuai dengan fungsi SCOPI, yakni:

  1. Convener, melalui kegiatan Diskusi Kopi (DISKO) serta kegiatan untuk meningkatkan public-private-partnership.
  2. Knowledge Management and Educate, melalui berbagai pelatihan untuk petani, barista dan coffee-preneur.
  3. Advocate & Communicate, melalui berbagai rapat kerja untuk menyelaraskan program SCOPI dengan kebijakan Pemerintah serta sektor kopi internasional dan kegiatan pameran untuk menampilkan berbagai kopi Indonesia dengan kualitas terbaik dari dampingan mitra Master Trainers (MT) SCOPI.

Ingin tahu lebih dalam tentang kegiatan SCOPI, yuk kita simak!

DISKO atau Diskusi Kopi

Kegiatan Diskusi Kopi ini terdiri dari berbagai macam kegiatan webinar dan -tentunya, diskusi terkait dengan topik-topik serta isu yang dihadapi industri komoditas kopi. Beberapa tema yang diangkat antara lain Perubahan Iklim, Kopi Berkelanjutan, Prospek Bisnis Kopi Berkelanjutan sampai dengan Indonesia Sustainable Coffee Forum.

diskusi kopi
Photo by NeONBRAND on Unsplash

Pameran

SCOPI juga aktif berperan dan berpartisipasi dalam pameran tentang kopi. Beberapa events yang diikuti yaitu Trade Expo Indonesia, Jakarta Coffee Week, Future Tea and Coffee Summit and Expo 2020, serta berpartisipasi dalam virtual booth TBN Asia 2020 Exhibition. Partisipasi dari SCOPI ini tentu akan memberikan dampak bagi pengembangan kopi di Indonesia.

jakarta coffee week 2019
Credit: majalah.ottencoffee.co.id

Pelatihan

Pelatihan dari SCOPI menyasar petani sebagai target utama pelatihan. Selain itu SCOPI juga bekerja sama dengan pihak lain dalam hal ini adalah ITFC untuk menyelenggarakan beberapa pelatihan demi meningkatkan kapasitas petani kopi. Selain itu dilakukan juga penguatan Master Trainer sebagai bagian penting dari SCOPI untuk mewujudkan keberhasilan cita-cita kopi yang berkelanjutan di Indonesia.


Yap! Itu dia tentang  Sustainable Coffee Platform of Indonesia! Menarik ya! Kunjungi langsung website resminya di scopi.or.id untuk tahu info-info menarik dan events seru lain!

Jangan lupa! Kalau kamu mencari biji kopi berkualitas tetap di Lakopi.id! Bantu sejahterakan petani kopi melalui sistem direct trade langsung ke petani kopi! Tunggu apalagi? Pilih biji kopi sesuai seleramu!

Salam, Lakopi Indonesia.