Mengenal Sustainable Coffee: Penting dalam Industri Kopi!

sustainable coffee
Photo by Tina Guina on Unsplash

Sustainable Coffee Industri kopi seperti yang kita tahu semakin lama semakin berkembang. Kebutuhan dan permintaan yang tinggi tentu ‘memaksa’ produksi kopi dalam skala besar. Produksi kopi harus terus berjalan untuk memenuhi permintaan dari konsumen.

Kebutuhan akan permintaan produksi kopi yang tinggi, tentu tidak hanya melibatkan produsen atau aktor yang berperan, namun juga mempertimbangkan kondisi lingkungan, adaptasi iklim, dan lain-lain. Banyak aspek yang harus diperhatikan dalam upaya ‘produksi kopi’ dan memenuhi demand yang ada.

Sustainability atau Keberlanjutan sendiri sudah menjadi isu yang ramai diperbincangkan. Dari segi ekonomi, lingkungan dan juga sosial. Lalu bagaimana kaitannya dengan industri kopi?

Apakah industri kopi juga termasuk dan harus sustainable? Apa sebenarnya yang dimaksud dengan sustainable coffee atau kopi berkelanjutan? Yuk kita simak bersama di bawah ini!

biji kopi arabika
Photo by Clint McKoy on Unsplash

Apa itu Sustainable Coffee atau Kopi Berkelanjutan?

Banyak pengertian dan juga definisi dari sustainable coffee itu sendiri. Banyak organisasi kopi yang berkomitmen untuk mewujudkan industri kopi yang berkelanjutan. Menurut situs conservation.org sustainable coffee umumnya diartikan sebagai kopi yang ditanam dengan cara yang melestarikan alam dan memberikan mata pencaharian yang lebih baik bagi orang-orang yang menanam dan mengolahnya.

Secara sederhana dapat disimpulan sebagai “kopi yang ditanam dengan memperhatikan lingkungan juga mensejahterkan pekerja yang terlibat di dalam produksi”. 

Mungkin pertanyaan selanjutnya yang akan muncul adalah, apakah kopi bisa ditanam tanpa ‘melawan’ kondisi lingkungan? Mengingat produksi dengan skala besar seringkali dianggap ‘merugikan’ lingkungan juga pekerja yang terlibat di dalamnya.

Jawabannya adalah bisa. Penanaman dan produksi kopi dengan memperhatikan lingkungan juga kesejahteraan petani serta pekerjanya tentu bisa dilakukan.

keuntungan marektplace
Credit: Lakopi Indonesia

Tahukah kamu? Dari sustaincoffee.org disebutkan bahwa kopi yang kita minum bergantung pada kesehatan, kemakmuran dan kesejahteraan 25 juta produsen kopi, 10 juta hektar perkebunan kopi, dan kesinambungan kemampuan alam untuk melestarikannya.

Itulah mengapa penting untuk menjalankan misi/ challenge sustainable coffee untuk memastikan industri kopi bergerak secara berkelanjutan.

Bagaimana Isu Sustainability Terkait dengan Industri Kopi?

Dari perfectdailygrind.com disebutkan bahwa perubahan iklim dan harga kopi yang adil merupakan topik penting saat ini, tetapi keberlanjutan bukanlah ide baru di dunia kopi. Sejauh perjanjian kopi internasional pertama pada tahun 1962, ada diskusi tentang bagaimana membatasi jumlah kelebihan di pasar untuk memastikan keberlanjutan ekonomi.

Apakah ada kaitannya dengan ekonomi? Tentu saja. Selain itu juga akan berdampak pada kesejahteraan sosial tentunya.

Daniele Giovannucci seorang Presiden dari Committee on Sustainability Assessment (COSA) mengatakan bahwa hanya beberapa dekade yang lalu, negara-negara penghasil kopi mampu memenuhi kebutuhan kesehatan dan pendidikan dasar mereka. Ia juga mengatakan bahwa dengan menanam kopi sebagai tanaman tumbuhan bawah hutan, masyarakat ini memiliki keseimbangan lingkungan. 

Kebun kopi liberika
Credit: perfectdailygrind.com

Sustainable Coffee Challenge!

Sustainable Coffee Challenge adalah upaya kolaboratif perusahaan, pemerintah, LSM, lembaga penelitian, dan lainnya untuk mentransisikan sektor kopi agar sepenuhnya berkelanjutan. Mitra tantangan segera bekerja sama untuk meningkatkan transparansi, menyelaraskan visi bersama untuk keberlanjutan dan berkolaborasi untuk mempercepat kemajuan menuju tujuan tersebut.

Dibuat oleh Conservation International dan Starbucks dan diluncurkan selama pertemuan iklim Paris 2015 dengan 18 mitra pendiri yang berdedikasi pada keberlanjutan kopi. Tantangan ini bertujuan untuk merangsang permintaan yang lebih besar akan kopi berkelanjutan. Gerakan ini telah berkembang menjadi lebih dari 155 mitra internasional.

orang bertani kopi
Credit: perfectdailygrind.com

Melalui website resmi sustainecoffee.org dijelaskan mengenai sustainable practice yang diupayakan untuk mencapai visi sustainable coffee atau kopi berkelanjutan. Apa saja sustainable practice tersebut? Berikut daftarnya:

  • Pastikan kopi berkontribusi pada peningkatan pendapatan dan profitabilitas bagi 25 juta produsen kopi, pekerja, dan keluarga mereka.
  • Menerapkan praktik pertanian berkelanjutan untuk melipatgandakan produktivitas pada 10 juta hektar kopi yang ada untuk mempertahankan pasokan dan memungkinkan sektor tersebut memenuhi peningkatan konsumsi dan permintaan kopi yang terus meningkat dengan cara yang bertanggung jawab secara sosial dan lingkungan.
  • Mencegah pembukaan satu hektar tambahan hutan bernilai konservasi tinggi atau menghabiskan sumber daya alam lainnya untuk meningkatkan produksi kopi.
proses pengeringan biji kopi
Photo by Christian Burri on Unsplash

Tahukah kamu? Indonesia memiliki platform khusus yang membahas tentang sustainable coffee bernama SCOPI atau Sustainable Coffee Platform of Indonesia. SCOPI ini merupakan wadah untuk memastikan tercapainya sustainable coffee terutama di Indonesia.

Dengan anggota lebih dari 80 ribu petani, ratusan master trainers, puluhan mitra dan anggota serta mencakup 15 wilayah kerja, SCOPI mengusahakan terwujudnya kopi berkelanjutan di Indonesia. Memastikan industri kopi tidak bertentangan dengan lingkungan, menjalankan kerja sama dan kemitraan, meningkatkan kuantitas dan kualitas produksi kopi dan yang jelas, kesejahteraan petani kopi.

Jadi, Dapatkah Kopi Menerapkan Sustainable Coffee?

Apa yang bisa kita lakukan untuk mengurangi dampak pada lingkungan dan meningkatkan perekonomian serta kesejahteraan sosial untuk komunitas petani khususnya dalam hal ini adalah petani kopi?

Yap! Tentu saja bisa, yang kita butuhkan adalah courage atau keberanian untuk membuat upaya sustainable coffee dengan lebih pintar dan dapat disesuaikan atau diselaraskan dengan keuntungan/ profit.

biji kopi
Credit: perfectdailygrind.com

Bukan tidak mungkin praktik ini dilakukan. Dilansir dari perfectdailygrind.com banyak contoh yang baik tentang petani dari seluruh dunia yang menerapkan praktik pertanian yang baik, melindungi lingkungan, menyediakan kondisi kerja yang baik bagi pekerja, dan mendapatkan penghasilan yang layak dari penjualan kopi bersertifikat mereka.


Perkembangan industri kopi yang semakin besar tentunya akan memiliki risiko tersendiri. Salah satunya adalah bertentangan dengan lingkungan demi keuntungan. Oleh karena itu muncul sustainable coffee atau kopi berkelanjutan.

Lakopi sebagai salah satu marketplace kopi di Indonesia membantu kesejahteraan petani melalui sistem direct trade dalam penjualan biji kopi mentah. Jadi, tidak perlu khawatir untuk mulai memilih biji kopi berkualitasmu di Lakopi.id!

Salam, Lakopi Indonesia.