Tips Merawat Kopi yang Baik

cherry
Sumber : pixabay.com

Tips merawat kopi yang baik sebenarnya gampang-gampang susah untuk Anda praktekkan. Seperti yang kita tahu, di Indonesia sendiri terdapat berbagai jenis tanaman kopi yang mampu dibudidayakan dengan cara sempurna. Beda spesies jenis kopi maka beda pula cara melakukan perawatan yang baik mulai dari proses pembibitan sampai tanaman kopi siap berbuah.

Tips dan teknik merawat tanaman kopi yang baik memang tidak bisa dilakukan sembarangan, baik itu jenis kopi robusta dan kopi arabika. Diperlukan pemahaman mengenai teknik dan cara melakukannya. Kedua jenis kopi tersebut harus dipelihara  secara intensif dengan metode yang tepat.

Prinsipnya, bentuk-bentuk perawatan tersebut meliputi pemberian pupuk, pengaturan air, pembersihan gulma, pemangkasan tanaman, pemberantasan hama serta penyakit, dan memastikan tanaman kopi menerima suplai sinar matahari.

Berikut ini adalah tips dan teknik merawat tanaman kopi yang baik dan bisa Anda coba.

Memberi Pupuk

Langkah pertama yang harus Anda lakukan adalah memberikan pupuk. Proses pemupukan pada tanaman kopi sebaiknya dilakukan pada awal musim penghujan karena kondisi tanah sedang lembab dan temperaturnya sekitar 25-27 derajat celcius.

Pupuk yang diberikan harus memiliki kandungan nutrisi yang seimbang dan tentunya dibutuhkan oleh tanaman kopi, contohnya seperti nitrogen, phospat dan kalium. Pemberian pupuk harus disebarkan dalam jarak setengah meter tepat pada akar yang membutuhkan. Selain itu, dosis pupuk juga perlu disesuaikan dengan jadwalnya.

Mengatur Air

Langkah kedua adalah dengan mengatur jumlah air yang diberikan. Secara alami, tanaman kopi menyukai media tanam yang cukup lembab serta banyak kandungan air. Ada baiknya penanaman dilakukan di daerah yang memiliki curah hujan tinggi sekitar 40-59 inci/tahun.

Pengaturan air dilakukan dengan mengatur saluran irigasi sedemikian rupa sehingga memenuhi kebutuhan air setiap tanaman. Ketika membentuk bunga, tanaman kopi harus disiram setiap hari supaya hasilnya maksimal.

Membersihkan Gulma

Tips dan trik merawat tanaman kopi yang baik ketiga adalah dengan membersihkan gulma secara rutin. Gulma merupakan semua tumbuh-tumbuhan selain tanaman kopi yang hidup pada area lahan budidaya. Keberadaan gulma dapat menyebabkan persaingan dalam memperoleh bahan makanan yang terkandung di dalam tanah.

Dampaknya, pupuk yang sudah Anda berikan tidak dapat diserap sempurna oleh tanaman kopi dan menyebabkan pertumbuhannya menjadi terhambat. Gulma yang hidup di lahan kopi harus dibersihkan dengan rutin minimal seminggu sekali.

Memangkas Tanaman

Tips selanjutnya adalah dengan memangkas tanaman. Tujuannya supaya menciptakan cabang-cabang baru, meningkatkan produktivitas tanaman, dan membentuk strukturnya supaya seimbang.

Tidak hanya itu saja, pemangkasan juga memberikan manfaat pada kondisi lahan yang dapat memberikan sinar matahari dengan optimal serta mencegah terbentuknya sarang bibit penyakit.

Pemangkasan ini bertujuan pada bagian cabang dan ranting yang cukup tua dan tidak menghasilkan serta cabang balik. Kemudian, dari cabang atau ranting yang sudah dipangkas akan tumbuh 2-3 gerombol buah kopi.

Memberantas Hama dan Penyakit

Langkah selanjutnya dan tergolong penting dan sering menjadi bagian permasalahan petani kopi adalah dengan memberantas hama dan penyakit. Terdapat banyak hama dan penyakit yang menyerang tanaman kopi.

Tidak hanya menyerang bagian buah kopi saja, melainkan pada bagian lain dari pohon seperti akar, batang, ranting, daun, dan bunga. Pengendalian terhadap hama dan penyakit inilah yang merusak tanaman kopi dan dapat dikerjakan menggunakan metode alami atau kimiawi.

Meletakan Tanaman dengan Sinar Matahari yang Cukup

Tips merawat kopi yang terakhir adalah dengan memastikan tanaman mendapatkan suplai sinar matahari yang cukup. Jika ingin menjaga supaya tanaman mendapat suplai matahari yang cukup maka menanam di kawasan yang terlindung dari pohon besar. Karena sinar matahari diperlukan untuk tumbuhnya tanaman tersebut.


Demikian beberapa poin penting mengenai tips dan teknik merawat tanaman kopi hingga kopi siap dipanen. Untuk menghasilkan kopi yang nikmat diperlukan proses perawatan dan penjagaan yang telaten. Kopi yang berkualitas memiliki rasa yang lezat dan aroma yang nikmat ketika dicium. Semoga informasi tersebut dapat membantu Anda untuk menciptakan tanaman kopi dengan hasil terbaik dan berkualitas.

Annisa Tsamarah
Tiga hal yang membuat saya sangat menikmati hidup : Movie, Coffee, Book