Tips Menjadi Barista untuk Pemula!

tips menjadi barista
Credit: Tyler Nix (Unsplash)

Tips Menjadi Barista ngak mau ah jadi barista, hanya pembuat kopi! Kata siapa? Menjadi seorang barista bukanlah hal yang mudah. Pekerjaannya tak hanya membuat kopi saja, tetapi juga memastikan pelanggannya menikmati minuman kopi berdasarkan resep-resep racikan kopi yang pas.

Mungkin kamu berpikir seorang barista yang sedang membuat kopi adalah hal yang mudah, seperti hanya menuangkan air panas ke bubuk kopi, dan jadilah secangkir kopi. Namun sayangnya, tidak hanya itu saja, mereka juga harus menguasai banyak hal tentang kopi. Sebab, jika seorang barista salah perhitungan atau salah mengolah biji kopi dengan baik, belum tentu sajiannya akan nikmat di mulut para pelanggannya.

Nah, kira-kira apa saja ya tips menjadi seorang barista? Merangkum dari berbagai sumber, yuk! Dipelajari ya buat kamu yang ingin jadi barista!

Tips menjadi barista #1: Ketahui karakter biji kopi

jenis biji kopi
Credit: Andy Feliciotti (Unsplash)

Bagaimana pun awal seorang barista sebelum terjun menyediakan minuman kopi untuk para pelanggannya, dia harus mencari tahu keistimewaan atau karakter apa yang terdapat pada biji kopi.

Seorang barista harus mengerti bagaimana mengolah biji kopi yang baik untuk sajian kopi tertentu, perbedaan karakter tingkat roasting biji kopi, cara menyimpan biji kopi agar tetap segar saat diseduh, dan masih banyak lagi.

Tips menjadi barista #2: Paham menggunakan alat kopi

peralatan kopi
Credit: Nathan Dumlao (Unsplash)

Menjadi seorang barista tidak hanya mengerti cara menyajikan kopi saja, tetapi cara menggunakan alat-alat kopi pun juga harus dikuasai olehnya. Sebab, bagaimana seorang barista menyajikan minuman kopi yang nikmat jika dia tidak mengerti cara menggunakan alat-alatnya.

Setiap barista, memiliki metode sajian yang berbeda tergantung favoritnya, seperti menggunakan alat v60, french press, aeropress, dan metode lain. Tak hanya itu saja, barista juga harus tahu perhitungan rasio menggunakan alat kopi yang berbeda, membersihkan dan merawat alat kopi, serta tahu menggunakan alat kopi yang mengoptimalkan biji kopi tertentu.

Tips menjadi barista #3: Menyeduh kopi dengan benar

penyeduhan kopi
Credit: Di Bella Coffee (Unsplash)

Buat kamu yang berpikir kalau barista menyeduh kopi hanya menuangkan air dan jadilah secangkir kopi, lebih baik pikiran itu dibuang ya. Sebab, untuk menyeduh kopi pun banyak pertimbangannya. Seorang barista harus memiliki wawasan yang berkaitan dengan biji kopi dan alat seduh kopi.

Dia harus bisa mempertimbangkan rasio air yang berbanding dengan bubuk kopi, suhu panas air yang potensial, dan bagaimana menyeduh kopi dengan alat-alat kopi tertentu, seperti v60, french press, dan lainnya.

Tips menjadi barista #4: Menyajikan minuman kopi yang nikmat

menyajikan kopi
Credit: Mitchell Hollander (Unsplash)

Tips yang terakhir, yaitu seorang barista perlu mengetahui perhitungan yang benar, dari mulai mengolah biji kopi, mengerti alat-alat kopi, dan menyeduh kopi dengan berbagai teknik yang optimal.

Kemudian langkah selanjutnya, barulah menentukan resep kopi agar sajian kopinya tetap konsisten saat diseduh dan disajikan kepada para pelanggannya.


Ciri-ciri barista yang dicari oleh coffee shop atau roastery

Barista yang dicari oleh perusahaan kedai kopi
Credit: quan le (Unsplash)

Ketelitian saat bekerja

Seorang barista yang melamar kerja di salah satu kedai kopi pasti akan berhadapan dengan manager kedai kopi. Di sinilah dia akan diuji sebelum diterima bekerja.

Barista akan dilihat bagaimana dia menyajikan kopi, bagaimana teknik menuangkan susu untuk latte, bagaimana teknik-teknik menyeduh kopi, dan lainnya. Tentu saja itu semua harus memiliki ketelitian yang tinggi agar kopi yang disajikan rasanya pas.

Ramah dalam melayani pelanggan

Umumnya, seorang barista akan bertatapan langsung dengan pelanggan, itu sebabnya barista harus memiliki sikap yang ramah dan sopan.

Selain itu, tidak hanya mengerti bagaimana menyajikan kopi yang nikmat untuk pelanggan, tetapi juga memiliki kepribadian yang baik untuk menanggapi pertanyaan-pertanyaan atau opini dari para pelanggannya.

Dapat bekerja di hari libur

Mungkin bagi beberapa orang, bekerja full satu minggu merupakan hal yang berat. Namun, hal ini merupakan tantangan untuk seorang barista.

Jika seorang barista mampu bekerja di hari libur, pengelola kedai kopi pasti akan tertarik dengannya. Bisa dibilang, hari libur merupakan hari yang paling ramai didatangi pengunjung.

Mampu bekerja dengan tim

Seorang barista harus memiliki tim skill atau bekerja sama dengan tim staf lainnya. Memiliki keterampilan dalam berkomunikasi dengan sesama staf itu sangat penting supaya tidak terjadinya miskomunikasi.

Selain itu, terampil dalam berkomunikasi juga sangat dibutuhkan saat berhubungan langsung dengan pelanggan, seperti menanggapi pelanggan, menjawab pertanyaan pelanggan tentang kopi, dan lainnya. Buat kamu yang ingin jadi barista, mulai sekarang latihan berbicara untuk meningkatkan skill komunikasi kamu ya!

Barista yang bersertifikasi

Mengapa seorang barista harus bersertifikasi? Sebab, hal ini sangat membantu jika berencana untuk pindah kerja dari satu coffee shop ke coffee shop lain yang mungkin jauh lebih berkelas dan lebih banyak menjual kopi atau menyajikan minuman kopi.

Lalu, bagaimana cara mendapatkannya? Kamu bisa mengikuti sekolah khusus atau kursus barista yang akan mengajari kamu berbagai hal mengenai kopi, mulai dari mengolah biji kopi, membuat minuman kopi dengan nikmat, dan menjaga kualitas minuman kopi.


Latihan dan belajar merupakan hal yang wajib bagi barista

Latihan menjadi barista yang mahir
Credit: Brooke Cagle (Unsplash)

Mempelajari tentang kopi dari biji ke cangkir

Bisa dibilang, barista merupakan orang yang membawa keberhasilan petani. Jika petani berhasil memberikan biji kopi yang berkualitas, kini tugasnya barista dalam mengolah biji tersebut menjadi minuman kopi yang nikmat.

Tentunya, untuk membuat secangkir kopi yang nikmat, perlu adanya perhitungan yang pas. Oleh karena itu, barista harus menguasai wawasan tentang kopi, mulai dari biji sampai menjadi secangkir kopi.

Melihat video tutorial dari internet

Ada baiknya kamu melihat beberapa video tutorial untuk dijadikan referensi atau pembelajaran tentang kopi dari barista-barista di luar sana, seperti bagaimana merawat alat-alat kopi, bagaimana komposisi kopi, dan lainnya.

Melakukan latihan berulang kali

Untuk menyajikan secangkir kopi yang nikmat, hal tersebut harus didukung seberapa seringnya dalam berlatih. Oleh karena itu, seorang barista ada baiknya memiliki alat-alat kopi di rumah mereka, agar bisa latihan berulang kali untuk menyajikan secangkir kopi.


Hal yang harus dilakukan saat memulai karier menjadi barista

awal memulai karier menjadi barista
Credit: Daniel Norris (Unsplash)

Mengikuti sekolah khusus barista

Memang hal yang satu ini tidak gratis, apalagi dapat menguras dompet kamu lumayan banyak. Akan tetapi, mengikuti sekolah barista merupakan salah satu cara untuk memulai profesi sebagai seorang barista yang handal.

Di sana, kamu diajarkan bagaimana teknik dan metode menyeduh kopi, membuat latte art, bagaimana mengatur komposisi yang pas untuk menyajikan secangkir kopi, dan lainnya. Oleh karena itu, cobalah mencari informasi sekolah barista yang berada di dekat lokasimu.

Mencoba magang di kedai kopi lokal

Tidak apa kalau kamu mencoba-coba magang atau bekerja di kedai kopi lokal yang belum terkenal. Hal yang terpenting adalah pengalaman kamu bekerja menjadi seorang barista. Belajar di tempat kursus dengan belajar langsung di tempat kerja itu sangat berbeda.

Sebab, kamu akan langsung berurusan dengan pelanggan, karyawan lain, bahkan atasan kamu. Selain itu, di sini kamu dapat meningkatkan skill kamu menjadi barista.

Tidak apa jika racikanmu belum terlalu pas di mulut pelanggan, yang penting kamu memiliki pengalaman. Benar begitu bukan? Dengan kesalahan-kesalahan kecil, dapat membuat kamu jauh lebih teliti dan berusaha keras untuk menyajikan kopi yang nikmat untuk pelanggan.

Menjalin koneksi dengan teman barista

Nah, buat kamu yang ingin menjadi barista, ada baiknya sekarang mencoba menjalin pertemanan dengan seorang yang sudah merasakan bagaimana bekerja sebagai barista. Kamu bisa menanyakan banyak hal kepadanya untuk mendapat wawasan tentang profesi barista.

Gabung di komunitas barista

Sudah banyak komunitas-komunitas yang ada di media sosial.  Cobalah bergabung di dalamnya untuk mendapat informasi mengenai lowongan barista, dan informasi penting lainnya.

Jangan malu untuk bertanya jika ada yang ingin ditanyakan kepada mereka yang sudah mahir di bidang profesi barista dan jangan lupa membuat jaringan koneksi sebanyak mungkin.


Nah, itu dia tips dan beberapa informasi lainnya menjadi seorang barista. Mulailah mencari informasi sebanyak mungkin untuk menguatkan keinginanmu menjadi seorang barista. Namun, menjadi seorang barista pun harus mengetahui wawasan tentang kopi, mulai dari bijinya sampai menjadi minuman secangkir kopi.

Biji kopi mentah yang berkualitas dapat menghasilkan cita rasa secangkir kopi yang nikmat. Kira-kira biji kopi mentah seperti apa ya?

Yuk kunjungi lakopi.id, perusahaan marketplace yang menyediakan berbagai macam biji kopi mentah yang bagus dan berkualitas. Selain itu, kamu juga dapat membelinya dan mencoba mengolah biji kopi mentah itu menjadi secangkir kopi yang nikmat. Salam Labuhan Kopi.

Suci Risanti Rahmadania
Hidup itu adalah pilihan. Menjadi seorang penulis itu adalah pilihan saya.