Tips Ngopi Hemat untuk Para Milenial

Tips ngopi hemat untuk para milenial
Tips dan Trik ngopi hemat untuk para milenial

Tips Ngopi Hemat – Minum kopi, atau ngopi, sudah menjadi gaya hidup masyarakat terutama kaum milenial , bahkan sulit untuk dipisahkan. Bagaimana tidak? Selain bikin mata kamu melek, kopi bisa menjadi temanmu di pagi hari, siang hari, atau bakan sore hari. Apa lagi ngopi bersama teman di suatu coffee shop, sudah pasti bikin kamu ketagihan.

Ditambah lagi masa pandemi, banyaknya aktivitas di rumah yang membuat kamu semakin lahap mengonsumsi minuman kopi. Bisa saja kamu menghabiskan tiga gelas kopi atau lebih dalam sehari.

Terlebih lagi, misalnya kamu adalah tipe orang yang tak ingin repot dan aktif memesan kopi dari coffee shop. tanpa sadar ternyata pengeluaran untuk mengonsumsi kopi semakin membengkak per bulannya. Lalu kamu bingung untuk mengatur keuanganmu.

Nah, jika kamu ingin menghemat uang untuk ngopi, lakopi.id punya beberapa cara untuk tetap menikmati kopi yang berkualitas namun dengan biaya yang murah. Penasaran bagaimana caranya? Merangkum dari berbagai sumber, jangan lupa scroll sampe bawah ya!

Tips Ngopi Hemat #1: Investasi alat kopi

peralatan kopi
peralatan kopi

Tips yang pertama mungkin terlihat agak sulit dan membutuhkan uang yang sangat banyak untuk membeli beberapa peralatan kopi. Oleh karena itu, kamu bisa menyisihkan sedikit uang untuk berinvestasi membeli alat kopi.

Mulailah membeli alat kopi yang tidak terlalu mahal dan kamu tahu bagaimana cara menggunakannya, seperti french press, dripper V60, dan manual grinder. Dengan adanya alat-alat kopi sendiri, kamu dapat mengurangi memesan kopi di coffee shop. Menyeduh kopi sendiri adalah hal yang asyik.

Namun, jika kamu tidak ingin mengeluarkan uang untuk peralatan-peralatan kopi, kamu dapat membeli kopi bubuk yang sudah di-roasting oleh para roasters di Indonesia sehingga kamu tinggal menyeduhnya di rumah.

Oleh karena itu, hal ini dapat membantu kamu untuk menghemat uang pengeluaran dalam jangka panjang. Tidak hanya itu saja, kamu juga bisa menikmati kopi kapan pun yang kamu mau tanpa harus memesan minuman kopi di coffee shop. Tentu bisa memenuhi kebutuhan ngopi kamu setiap hari, benar begitu bukan?

Tips Ngopi Hemat #2: Beli biji kopi dalam jumlah banyak

Coffee Bean
Biji Kopi Specialty

Tips yang kedua mungkin hampir sama dengan penjelasan tips nomor satu. Membeli biji kopi dalam jumlah banyak tidak akan membuat pengeluaranmu membengkak setiap bulannya. Nah, kamu bisa membeli biji kopi yang dijual di pasaran.

Akan tetapi, kamu bingung untuk membelinya karena sedang pandemi? Tidak perlu khawatir, lakopi.id sendiri menjual banyak sekali pilihan biji-biji kopi yang kualitasnya sangat bagus dan langsung dari petikan biji para petani.

Tidak perlu keluar rumah, kamu tinggal memesan lewat website-nya. Oleh karena itu, adanya persediaan biji kopi di rumah, membuat kamu jauh lebih irit dalam hal pengeluaran. Bagaimana? Tertarik untuk mencoba?

Tips Ngopi Hemat #3: Seduh kopi sendiri di rumah

Ilustrasi bikin kopi di rumah
Ilustrasi bikin kopi di rumah

Jika selama ini kamu sering membeli kopi di coffee shop untuk memenuhi kebutuhan , kenapa tidak mencobanya sendiri menyeduh di rumah. Bingung karena tidak punya alatnya? Tenang, sudah banyak resep-resep mengolah kopi tanpa peralatan kopi di internet, salah satunya kopi ditubruk.

Apakah kamu sudah tahu resep ini? Jadi, kopi tubruk merupakan minuman kopi yang disajikan bersama ampas-ampasnya.

Untuk membuatnya pun cukup gampang. Kamu tinggal menggiling biji kopi dengan grinder. Jika sudah, campurkan air panas dan hasil biji kopi yang sudah di-grinder.

Apabila malas untuk melakukannya, kamu bisa membeli kopi dalam bentuk bubuk dan seduh menggunakan air panas. Sudah banyak roasters di Indonesia yang menjual bubuk kopi bentuk sachet dengan harga terjangkau.

Tips Ngopi Hemat #4: Beli kopi literan

Ilustrasi beli kopi literan
Ilustrasi beli kopi literan

Meskipun seru menyeduh kopi sendiri di rumah, pasti ada rasa rindu pergi ke coffee shop dan menikmati minuman kopi hasil buatan orang lain. Benar begitu bukan?

Nah, buat kamu yang punya pikiran seperti ini tak ada salahnya mencoba membeli kopi literan dari coffee shop. Pada masa pandemi, beli kopi literan sudah menjadi tren di kalangan kaum milenial.

selain itu, kamu juga membantu industri coffee shop lokal agar tetap bertahan pada masa pandemi. Tips yang satu ini bisa membuat kamu jauh lebih hemat karena dapat disimpan di kulkas berhari-hari, bahkan minum sesering mungkin dengan ongkos kirim sekali bayar.

Tak hanya itu saja, dengan membeli kopi literan di coffee shop, kamu bisa menikmati minum kopi bersama-sama dengan keluarga di rumah. Jauh lebih asyik bukan daripada harus meminum kopi sendiri?

Tips Ngopi Hemat #5: Berbagi biji kopi dengan teman

biji kopi
biji kopi

Buat kamu yang mungkin merasa kemahalan untuk membeli biji kopi sendiri, tak ada salahnya mencoba beans sharing atau berbagi biji kopi kepada beberapa teman. Misalnya kamu ingin membeli kopi jenis specialty atau mungkin kamu ingin membeli dua single origin yang berbeda.

Supaya lebih hemat, kamu bisa membaginya dengan teman-teman kamu atau istilah lain adalah patungan. Dengan begitu, kamu sudah melakukan penghematan, bahkan mendapat dua jenis kopi berbeda. Ngopinya hemat dan bisa mencicipi rasa kopi dari kedua jenis kopi tersebut.

Tips Ngopi Hemat #6: Buat resep kopi yang simpel

Cappuccino
Cappuccino

Supaya kamu tidak bosan ngopi yang itu-itu saja di rumah, kamu bisa membuat resep kopi simpel menggunakan bahan-bahan sederhana, seperti rempah-rempah, jeruk nipis, susu, buah-buahan, karamel, dan lain-lain. Untuk mengisi waktu luang kamu di rumah saat pandemi, kamu bisa mencoba aktivitas baru, seperti bereksperimen menciptakan cita rasa kopi sendiri di rumah.


Nah, itu dia beberapa tips dan trik ngopi hemat di rumah untuk kamu. Menyediakan biji kopi di rumah adalah salah satu cara yang tepat untuk menghemat pengeluaran. Buat kamu yang ingin membeli biji kopi, tentu saja bisa kamu dapatkan di coffee shop favoritmu.

Namun penting juga untuk mengetahui salah satu faktor yang mempengaruhi kualitas minuman kopi adalah dari biji kopi itu sendiri. Pastikan kopi yang kamu minum berasal dari greenbean yang berkualitas. Tentunya bisa kamu lihat di lakopi.id yang menyediakan beraneka biji kopi mentah  berkualitas tinggi langsung dari petani. Salam Labuhan Kopi.

Suci Risanti Rahmadania
Hidup itu adalah pilihan. Menjadi seorang penulis itu adalah pilihan saya.