Menyimak Tren Kopi Tahun 2020, Tahunnya Dalgona dan Kopi Kekinian!

tren kopi
Photo by Clem Onojeghuo on Unsplash

Tahun 2020 merupakan tahun perkembangan industri kopi. Di Indonesia sendiri, mulai marak bermunculan kedai kopi dan kopi perlahan menjadi kebutuhan dan gaya hidup. Lalu bagaimana kira-kira tren kopi pada tahun 2020?

Seperti yang kita tahu, adanya pandemi Covid -19 perlahan mengubah ‘normal’ kita dalam beraktivitas. Tidak terkecuali kebiasaan mengonsumsi kopi. Jika biasanya kita akan sejenak duduk di kedai kopi/ cafe untuk menikmati kopi, namun adanya pandemi sedikit demi sedikit mengharuskan kita menikmati kopi dari rumah.

Apakah hal tersebut membatasi cara kita menikmati kopi? Tentu saja tidak.

Gaya hidup, kebutuhan serta berkembangnya pengetahuan akan kopi kemudian membentuk tren kopi pada tahun 2020 menjadi menarik untuk dibahas!

Mau tahu apa saja tren kopi tahun 2020?

Yuk kita simak artikel di bawah ini!

Latihan menjadi barista yang mahir
Credit: Brooke Cagle (Unsplash)

Tren Kopi Tahun 2020 – Big Trends

Sebelum membahas tren kopi tahun 2020, akan lebih baik jika kita membaginya menjadi big trends dan small trends. Apa saja yang termasuk ke dalam big trends kopi di tahun 2020?

Yuk cari tahu!

Specialty Coffee

Roasting
Credit: Battlecreek Coffee Roasters (Unsplash)

Apa sih specialty coffee atau kopi specialty?

Secara sederhana kopi specialty dapat diartikan sebagai kopi dengan kualitas yang tinggi, baik itu soal rasa mau pun dari segi aromanya. Dilansir melalui baristainstitute.com menurut Specialty Coffee Association (SCA), kopi yang mendapat skor 80 poin atau lebih pada skala 100 poin dikategorikan “khusus”.

Kopi spesial ditanam di iklim khusus dan ideal, dan khas karena rasa secangkir penuh dan sedikit atau tanpa cacat. Rasa dan rasa yang unik adalah hasil dari karakteristik dan komposisi khusus dari tanah tempat mereka diproduksi. Istilah specialty coffee pertama kali dicetuskan oleh seorang wanita bernama Erna Knutsen pada jurnalnya yang berjudul Tea and Coffee trade journal.

Istilah specialty digunakan untuk menyatakan tingkat kualitas suatu jenis kopi.

penyeduhan kopi
Credit: Di Bella Coffee (Unsplash)

Tahukah kamu bahwa selama tahun 2020, kopi specialty ternyata menjadi tren!

Dilansir oleh baristainstitute.com adalah kopi specialty merupakan tren pertumbuhan kopi terbesar saat ini. Hal ini dapat dilihat terutama dari meningkatnya jumlah small roasteries yang bermunculan di setiap kota di seluruh dunia dari kota metropolitan seperti Tokyo dan Berlin hingga kota-kota kecil.

Selain itu big roasteries juga telah memperhatikan tren ini beberapa waktu yang lalu dan mereka mengeluarkan merek dan produk khusus / premium mereka. Bukti terbesar dari kebangkitan kopi specialty adalah ketika Nestle membeli jaringan kafe kopi specialty yang berbasis di California, Blue Bottle Coffee.

Hal ini membuktikan bahwa kopi specialty secara perlahan menjadi tren di berbagai kota di belahan dunia, bukan hanya kota besar dan metropolitan saja, loh! Mau tahu lebih tentang kopi specialty? Klik di sini!

Omni Roasting
Credit: Battlecreek Coffee Roasters (Unsplash)

Sustainability dan Pengetahuan Konsumen

Orang-orang semakin sadar tentang apa yang mereka konsumsi dan kopi tidak terkecuali. Orang ingin tahu dari mana kopi mereka berasal, siapa yang memproduksinya di asalnya, bagaimana disangrai dan oleh siapa dan apa cara terbaik untuk menyeduhnya.

Adanya tren ini tentu menumbuhkan kesadaran dari coffee drinker untuk mengonsumsi kopi yang organik, jauh lebih sehat dan di proses dengan cara yang lebih ramah lingkungan!

Fastest Growing Coffee Beverages – Menu Kopi yang Paling Tren!

Dilansir oleh baristainstitute.com, menu kopi yang paling cepat pertumbuhannya selama 2020 adalah:

  • Cold brew
  • Cappuccino
  • Flat white
metode cold brew
Credit: unsplash.com (An Nguyen)

Yap! Cold brew menjadi menu kopi dengan pertumbuhan tercepat pada tahun 2020. Kepopuleran dari cold brew sudah dimulai sejak sekitar 5 tahun ke belakang. Selama 5 tahun terakhir cold brew berkembang di seluruh dunia. Cold brew bukan lagi produk khusus yang hanya dibuat oleh kedai kopi paling canggih karena rantai yang lebih besar dan pemain ritel juga telah memilihnya.

Munculnya cold brew juga telah mengembangkan minuman kopi dan banyak bar koktail saat ini memiliki semacam minuman kopi dalam pilihan mereka. Selain digemari dari segi bisnis yang menguntungkan, cita rasa dan praktis dari cold brew juga membuatnya menjadi menu kopi yang berkembang pesat pada tahun 2020.

Tren Kopi Tahun 2020 – Small Trends

Apa saja tren kopi tahun 2020 yang masuk ke dalam kategori small trends? Yuk simak!

Metode Processing yang Semakin Beragam

Dilansir oleh baristainstitute.com, metode processing untuk kopi semakin lama semakin beragam. Pemrosesan sekarang menjadi tren di tempat asal dan petani bereksperimen dengan berbagai jenis metode pemrosesan. Sebut saja diantaranya Anaerobic fermentation, carbonic maceration, XO natural, lactic fermentation.

ilustrasi metode kopi
Credit: visitcheyenne.com

Dalgona Coffee

Siapa yang tidak tahu dalgona coffee? 

Dalgona coffee menjadi salah satu tren kopi paling hits pada tahun 2020. Minuman kopi lembut yang terbuat dari kopi instan, gula, dan air panas ini memiliki banyak penggemar.

Tahukah kamu?

Dilansir oleh katadata.id riset Inventure dan Avara menunjukkan, terbatasnya aktivitas di luar rumah menyebabkan konsumsi kopi sachet meningkat. Kopi sachet menempati urutan pertama sebagai kopi yang paling diminati konsumen selama pandemi yaitu sebesar 48,4%loh!

produk kopi instan
Photo by Oana Cristina on Unsplash

Decaf Coffee

Decaf coffee merupakan kopi yang berasal dari proses dekafeinasi kopi, yaitu proses dari biji kopi yang dihilangkan hampir 97% kandungan kafeinnya. Untuk prosesnya pun terdapat beberapa cara untuk menghilangkan kafein dari biji kopi, mulai dari menggunakan air, pelarut organik, dan juga karbon dioksida.

Decaf coffee awalnya tidak memiliki kesan baik di pasaran. Namun, selama 2020 dilansir baristainstitute.com  situasinya mulai berubah dan banyak roasteries berkualitas memilih kopi tanpa kafein. Di Finlandia, contohnya adalah Kaffa Roastery dan Lehmus Roastery. The Barn yang berbasis di Berlin juga memiliki beberapa kopi low caffeine yang sangat menarik dari Brasil.

Mau tahu lebih banyak tentang Decaf Coffee? Klik di sini!

decaf coffee ilustrasi
Credit: wellness-drink.de

Manual Brewing dan Alat-alatnya!

Kebiasaan ngopi di rumah membawa manual brewing menjadi salah satu tren di 2020. Tidak hanya metode, ternyata peralatan serta accecoris dari alat-alat manual brewing juga semakin berkembangloh! Contohnya Origami Dripper.

Dilansir katadata.id menurut riset Inventure dan Avara menunjukkan bahwa terjadi peningkatan konsumsi kopi, tidak terkecuali paket manual brew sebanyak 16,7%.

Kalita wave
Credit: The Coffee Lab

Kopi dalam Bentuk Liter!

Dilansir dari katadata.id pandemi Covid-19 menyebabkan kebiasaan ngopi berubah dan kedai kopi mulai lesu. Tutupnya pusat belanja dan pembatasan jam operasional fasilitas publik seperti stasiun dan sebagainya turut memukul usaha gerai kopi.

Agar bisa bertahan di tengah situasi saat ini dan merespons permintaan konsumen yang berada di rumah,  beberapa kedai kopi pun ikut menjual kopi dalam konsep literan. Maxx Coffee, Roempi Coffee, Anomali Coffee, Kopitagram, dan menjual kopi dengan satuan liter di e-commerce.

kopi literan
Credit: tempo.co

Itu tadi adalah tren kopi tahun 2020! Bagaimana ya tren kopi untuk tahun ini?

Jangan lupa untuk konsumsi kopi harianmu, kamu bisa mendapatkan biji kopi berkualitas dari Lakopi!

Lakopi merupakan market place yang menyediakan berbagai macam biji kopi berkualitas. Selain itu, trade-nya juga langsung ke petaninya, loh!

Jangan lupa untuk drink your coffee healthily and happily!

Salam, Lakopi Indonesia.