Yuk Kenalan dengan Varietas Kopi Catuai!

varietas kopi catuai
Photo by Rodrigo Flores on Unsplash

Varietas Kopi Catuai – Seperti yang kita tahu, kopi memiliki banyak sekali varietas yang berasal dari seluruh dunia. Keunikan cita rasa dan karakteristik setiap varietas kemudian menjadi bahasan menarik untuk di explore dan juga jika kita bisa, mencicipi cita rasa varietas kopi yang bermacam-macam.

Dilansir dari kopitem.com setidaknya, ada lebih dari 25 varietas kopi populer yang ada di seluruh dunia, termasuk Indonesia. Contohnya Typica, Catuai, Bourbon, Geisha, Catimor, Caturra, Robusta, SL34, Maragogype dan lain-lain.

Varietas kopi adalah subspesies yang berasal dari pembiakan selektif atau seleksi alam dari tanaman kopi. Sebenarnya ada banyak sekali variabilitas yang dapat ditemui pada tanaman kopi; baik itu yang ditanam secara alami atau pun yang dibudidayakan.

Dilansir dari situs perfectdailygrind.com varietas kopi Catuai telah berproduksi selama lebih dari empat dekade, dan meskipun bukan lagi hal baru di pasar, kopi ini dihargai karena hasil yang tinggi, kualitas yang dapat diandalkan, dan potensi keuntungan bagi produsen.

Indonesia sendiri memiliki 5 varietas kopi yang populer dan sudah sangat dikenal hingga internasional, loh!

Mau tahu lebih banyak tentang varietas kopi Catuai? Yuk simak bersama-sama!

biji kopi robusta
Photo by Rodrgio Flores on Unsplash

Darimana Asal Varietas Kopi Catuai?

Dilansir oleh perfectdailygrind.com meskipun telah diteliti sejak tahun 1940-an, kultivar (varietas yang dibudidayakan) Catuai baru diperkenalkan secara resmi ke Brasil pada tahun 1972. Ini merupakan persilangan genetik antara dua mutasi Arabika alami Caturra kuning dan Mundo Novo, yang dapat berwarna merah dan bervariasi.

Karena ini adalah tanaman yang lebih kecil, tanaman ini dapat ditanam berdekatan, menciptakan kepadatan tanam yang lebih tinggi, dan memungkinkan akses yang lebih mudah ke buah ceri selama panen.

Catuai pertama kali diperkenalkan di Guatemala pada 1970, dimana saat ini Catuai menempati 20% dari keseluruhan produksi kopi di negara tersebut. Selanjutnya, Catuai diperkenalkan ke Honduras pada 1983 dan dan sekarang menyumbang hampir setengah dari semua Arabika yang dibudidayakan. Akhirnya Catuai diperkenalkan ke Costa Rica pada tahun 1985.

ilustrasi varietas kopi
Credit: pinterest.com

Produksi dan Pemrosesan Varietas Kopi Catuai

Panen pertama kopi Catuai biasanya dilakukan setelah 3 tahun. Catuai merupakan varietas yang sangat produktid apabila pengelolaan selama produksi sesuai dan dilakukan dengan baik. Varietas kopi Catuai ini merespon pengapuran dan pemupukan dengan baik.

Beberapa panen pada varietas kopi Catuai bahkan bisa lebih cepat dari 3 tahun, produksi kopi Catuai sangat cocok untuk kebutuhan kopi dengan jumlah besar untuk nantinya disimpan dan sesuai untuk penjualan yang semakin besar kuantitasnya.

Dalam hal pemrosesan dan pengeringan, tentu menggunakan metode berbeda dari satu negara ke negara lain. Hal ini menyesuaikan budaya dari negara itu sendiri, juga profil cup/ karakteristik serta cita rasa yang diinginkan.

Sérgio Pereira Parreiras seorang Scientific Researcher di IAC (Instituto Agronômico de Campinas) melalui perfectdailygrind.com menyatakan bahwa di Brazil, Catuai di proses dengan cara tradisional dan natural methods. Hal ini bertujuan untuk menambahkan body pada hasil kopi dan menciptakan profil yang unik. Sedangkan di Central America, natural drying in beds lebih banyak dilakukan oleh produsen kecil.

proses natural
Credit: majalah.ottencoffee.co.id

Masalah terbesar yang dihadapi Catuai adalah ketahanannya yang buruk terhadap karat, infeksi jamur, dan hama. Namun, ini berubah seiring dengan terciptanya generasi kultivar yang lebih baru.

Dilansir dari gordi.id buah ceri kopi pada varietas Catuai ini umumnya berwarna merah atau kuning. Keduanya memiliki tingkat keasaman yang tinggi. Namun, buah ceri kopi berwarna kuning, saat dingin, memiliki tekstur rasa yang kurang enak seperti minyak.

Meskipun jenis ini memiliki variabilitas bawaan dari coffea robusta, Catuai bisa merasakan pahit. Namun, ketika ditanam dan diproses dengan baik, Catuai dapat menghasilkan secangkir kopi yang enak bahkan ketika disangrai gelap (dark roast). Catuai umumnya banyak ditanam di Indonesia, Amerika Selatan dan Amerika Tengah.

catuai kuning
Credit: sdbellsteacoffee.com

Profil Cup atau Cita Rasa dari Varietas Kopi Catuai

Dilansir oleh majalah.ottencoffee.co.id karena kopi Catuai mengandung unsur kopi robusta pada bijinya menyebabkan acidity yang ada padanya sangat rendah sedangkan bitterness terasa begitu kuat. Catuai tumbuh di daerah Timor dan bagian Timur Indonesia. Meskipun pahit, Catuai memberi after taste fruity and herbal flavor pada tiap seduhannya.

Cita rasa kopi juga tidak terlepas dari proses produksi dan pengolahan. Dilansir dari perfectdailygrind.com, kopi Catuai memiliki beberapa notes rasa diantaranya: coklat, karamel, madu, almond, dan rempah-rempah. Kopi Catuai dianjurkan untuk di roasting dengan level light to medium untuk menghasilkan kualitas terbaiknya.

João Batista Pavesi seorang Producer Consultant, Q Grader, dan Professor at the Federal Institute of Education, Science, and Technology of Espírito Santo Brazil melalui perfectdailygrind.com menyatakan Catuai merah dapat memiliki body yang lebih penuh dan Catuai kuning dapat memiliki body yang lebih lembut.

Namun hal ini juga akan tergantung pada kondisi iklim dan ketinggian yang ada selama pertumbuhan, serta pengolahan pasca panen yang dilakukan. Ia menambahkan, biji Catuai merah cenderung menghasilkan kopi yang lebih kompleks.

Seduh Kopi
Credit: distribuidoragiorgio.com

Sementara varietas kopi Catuai dicirikan sebagai tanaman kopi yang tumbuh subur, ia sangat rentan terhadap penyakit karat kopi dan penyakit berry kopi. Ia juga memiliki kebutuhan nutrisi yang tinggi selama pertumbuhan, yang berarti membutuhkan investasi dan perawatan tambahan dari produsen selama tahap pertumbuhannya.

Namun, profil rasa yang didapatkan dari varietas kopi Catuai sangat beragam sehingga permintaannya tetap tinggi. Inilah kualitas yang sesungguhnya dari varietas kopi Catuai. Itulah kenapa, varietas ini termasuk yang sangat populer.


Yap! Itu dia tentang varietas kopi Catuai! Gimana? Tertarik mencoba?

Buat kamu yang mencari biji kopi mentah berkualitas dengan berbagai jenis dan asal daerah, silahkan langsung kunjungi Lakopi.id! Beli biji kopi mentah jadi lebih praktis dan mudah!

Salam, Lakopi Indonesia!