Wah, Ini 12 Manfaat Kopi Bagi Kesehatan, Catat Ya!

manfaat kopi bagi kesehatan
manfaat kopi bagi kesehatan

Siapa nih yang suka banget minum kopi? Mungkin kamu mengetahui dari mana kopi itu berasal, bagaimana proses penanamannya, bagai mana pasca panennya, dan jenis kopi apa saja yang ada di dunia. Akan tetapi, apakah kamu tahu manfaat kopi itu sendiri bagi tubuh?

Mungkin juga kamu hanya tahu kalau kopi bisa menahan kantuk. Namun, manfaatnya tak hanya itu saja, masih banyak manfaat-manfaat kopi yang bagus untuk kesehatan tubuh kamu.

Perlu kamu ingat kalau kopi yang dimaksud ini adalah kopi hitam tanpa campuran gula, susu, atau apa pun itu. Sebab, mengonsumsi gula yang berlebih dapat malah merugikan kesehatan. Kira-kira apa saja ya manfaat kopi bagi kesehatan tubuh?

Siapa tahu setelah membaca artikel ini, pengetahuan kamu jauh lebih lengkap tentang kopi. Merangkum dari berbagai sumber, yuk jangan lupa dibaca sampai selesai ya!

Manfaat Kopi: Menurunkan berat badan

berat badan
berat badan

Jangan khawatir buat kamu yang susah menurunkan berat badan. Sebab, masih ada berbagai macam cara untuk menurunkan berat badan, salah satunya dengan meminum kopi secara rutin. Ada penelitian yang mengatakan kalau biji kopi mengandung senyawa klorogenat dan kafein yang mampu menurunkan berat badan kamu. Oleh karena itu, selain menjaga pola makan, kamu bisa mengonsumsi kopi secara rutin ya.

Manfaat Kopi: Cegah penyakit diabetes

Diabetes
Diabetes

Biasanya, penyakit diabetes muncul karena pola makan yang tidak sehat. Tak hanya itu saja, penyakit ini juga dapat terjadi saat hormon insulin di dalam tubuh berkurang yang berakibat tidak bisa mengikat dan mengatur kadar gula di dalam darah. Pada studi dari Harvard menjelaskan bahwa peminum kopi memiliki peluang 11 persen lebih rendah mengalami adanya penyakit diabetes tipe 2. Hal ini berlaku bagi orang yang mengonsumsi kopi hitam lebih dari satu cangkir dalam sehari. Namun, perlu juga kamu tahu kalau mengonsumsi kopi harus diimbangi dengan olahraga yang teratur dan menjaga pola makan hidup sehat.

Manfaat Kopi: Mengurangi stres dan depresi

ilustrasi stress dan depresi
ilustrasi stress dan depresi

Kedua hal ini sering dialami oleh masyarakat, mungkin juga kamu. Ditambah lagi, stres di rumah akibat pandemi atau banyaknya tugas yang menumpuk sampai kamu tak semangat untuk mengerjakan tugasnya. Nah tak usah khawatir! Cobalah konsumsi secangkir kopi untuk mengobati perasaan tersebut. Dijamin kamu akan merasakan perasaan bahagia, lebih semangat mengerjakan tugas, dan lain-lain. Setuju tidak nih?

Manfaat Kopi: Mengandung banyak mineral dan vitamin

Vitamin dan mineral
Ilustrasi vitamin

Asal kamu tahu, kopi itu tak hanya mengandung kafein saja. Akan tetapi, berbagai mineral dan vitamin juga bisa kamu dapatkan dari minuman pahit ini, seperti vitamin B2,B3, B5, mangan, potasium, dan magnesium. Semua vitamin itu sangat berfungsi bagi organ tubuh, seperti vitamin B2 dapat memproduksi energi, potasium meningkatkan nutrisi, dan magnesium berfungsi mengontrol tekanan darah.

Manfaat Kopi: Cegah penyakit Alzheimer dan demensia

ilustrasi penyakit Alzheimer
ilustrasi penyakit Alzheimer

Penyakit Alzheimer merupakan penyakit saraf yang sering diderita oleh masyarakat dunia, bahkan dapat menyebabkan demensia atau penurunan daya ingat. Kedua penyakit tersebut memang sulit untuk disembuhkan. Namun, bisa dicegah dengan meminum kopi pahit. Menurut sumber, mengonsumsi kopi dua kali sehari atau lebih, dapat menurunkan risiko munculnya penyakit Alzheimer sampai lebih dari 50 persen.

Manfaat Kopi: Meningkatkan fungsi daya kerja otak

ilustrasi fungsi otak
ilustrasi fungsi otak

Kandungan kafein yang terdapat pada kopi, mampu mengaktifkan saraf serta hormon-hormon untuk meningkatkan fungsi kerja otak, seperti meningkatkan mood, daya ingat dan fokus, serta membuat suasana hati jauh lebih bahagia.

Manfaat Kopi: Mencegah penyakit kanker

mencegah kanker
mencegah kanker

Sebuah penelitian mengatakan bahwa sebagian orang yang mengonsumsi kopi dua kali sehari setiap harinya, mampu mencegah adanya penyakit kanker. Sebab, kopi memiliki kandungan anti kanker yang dapat meminimalisasi risiko tumbuhnya sel-sel kanker yang terjadi pada tubuh kamu.

Manfaat Kopi: Tingkatkan stamina

Ilustrasi stamina
Ilustrasi stamina

Nah, buat kamu yang suka merasa lelah, cobain deh mengonsumsi kopi. Sebab, kafein yang terkandung di dalamnya, dapat membantu memecah lemak yang nantinya digunakan untuk stamina. Oleh karena itu, disarankan meminum kopi sebelum berolahraga.

Manfaat Kopi: Dapat melindungi organ hati

organ hati
woman take health liver billboard on the blue background

Meminum kopi dapat menurunkan risiko penyakit Cirrosis hati sampai 80 persen. Cirrosis merupakan kondisi terbentuknya jaringan akibat kerusakan organ hati yang diakibatkan oleh gangguan-gangguan, seperti hepatitis dan perlemakan hati.

Manfaat Kopi: Membantu membersihkan perut

Ilustrasi perut bersih
Ilustrasi perut bersih

Apakah kamu tahu meminum kopi tanpa campuran gula dapat menghilangkan bakteri dan toksin yang ada di dalam perut? Bakteri dan toksin ini akan dikeluarkan lewat urin ketika kamu membuang air kecil. Tak hanya itu saja, meminum kopi juga membantu menghentikan pertumbuhan parasite jahat yang mengganggu kesehatan perut.

Manfaat Kopi: Mencegah penyakit jantung

Jantung
Jantung

Seperti sudah dijelaskan sebelumnya, kopi dapat meningkatkan metabolisme seseorang di dalam tubuh. Hal ini bertujuan untuk mencegah adanya penumpukan lemak dan kolesterol yang membuat arteri tersumbat. Jika arteri sudah tersumbat, tentunya dapat memicu serangan jantung. Tak hanya itu saja, meminum kopi juga mengurangi peradangan pada tubuh yang menjadi penyebab lain dari kardiovaskular.

Manfaat Kopi: Mengandung antioksidan

kopi sebagai antioksidan
kopi sebagai antioksidan

Kopi dikenal sebagai salah satu sumber antioksidan terbesar atau disebut sebagai quinines yang berguna untuk membantu seseorang menangani berbagai masalah kesehatan. Selain itu, antioksidan lain yang terkandung pada kopi, yaitu hydrocinnamic acid dan polyphenols. Keduanya berfungsi melawan radikal bebas yang ada di dalam tubuh.

Nah, itu dia 12 manfaat kopi untuk kesehatan. Selain itu, kopi juga memiliki manfaat untuk kecantikan, seperti dijadikan masker, lulur, dan lainnya. Namun, perlu kamu ingat bahwa kopi yang dimaksud berasal dari green bean yang berkualitas.

Lalu, bagaimana mendapat green bean atau biji kopi mentah yang bagus? Tenang! Lakopi.id sendiri merupakan marketplace yang menyediakan biji kopi mentah yang sangat berkualitas dan langsung dari petikan para petani. Jika ingin memesan, kamu dapat kunjungi website lakopi.id. Salam Labuhan Kopi.

Suci Risanti Rahmadania
Hidup itu adalah pilihan. Menjadi seorang penulis itu adalah pilihan saya.