World Barista Championship 2021: Tempat Berkumpulnya Barista Terbaik Dunia!

world barista championship
Photo by Ben Garratt on Unsplash

World Barista Championship merupakan salah satu kompetisi tahunan yang mempertemukan barista-barista terbaik dari seluruh dunia!

Tentu saja barista-barista yang mengikuti events ini akan menunjukkan kemampuan terbaik mereka dalam ‘meracik’ kopi yang nikmat dan original. Kompetisi ini berfokus pada mempromosikan keunggulan dalam kopi serta memajukan profesi baristaloh!

Ada kabar baik nih untuk kamu! Walaupun World Barista Championship Tahun 2020 di batalkan, akan ada World Barista Championship Tahun 2021 di Athena, loh! 

Bagaimana sejarah, sistematis dan World Barista Championship berjalan? Yuk kita cari tahu di bawah!

awal memulai karier menjadi barista
Credit: Daniel Norris (Unsplash)

Apa itu World Barista Championship!

World Barista Championship dikelola dan diproduksi oleh World Coffee Events, sebuah organisasi manajemen acara yang terdaftar di Dublin, Irlandia. World Coffee Event awalnya didirikan pada tahun 2011 oleh Speciality Coffee Association of Europe dan Specialty Coffee Association of America yang sejak itu disatukan menjadi Specialty Coffee Association.

Sama dengan event kopi lain dibawah World Coffee Event seperti World Brewers Cup dan World Latte Art Championship (WLAC), World Barista Cup dapat dikatakan sebagai event puncak dan paling ditunggu. World Barista Championship diselenggarakan akan diikuti oleh para pemenang kejuaraan barista nasional, yang dijalankan oleh cabang Specialty Coffee Association (SCA), atau badan nasional nirlaba yang independen dan diakui.

Tahukah kamu? Dilansir gatra.com, Indonesia memiliki keinginan besar untuk menjadi tuan rumah World Barista Championship 2020, loh! Namun ternyata Indonesia belum bisa memenuhi harapan tersebut, karena Melbourne dan Warsaw lah yang menjadi tuan rumah WBC pada 2020. Sangat disayangkan karena pademi Covid-19 WBC tahun 2020 dibatalkan.

world barista championship
Finals Boston World Barista Championship
Credit: worldcoffeeevents.org

World Barista Championship 2021!

Siap-siap! World Barista Championship tahun 2021 akan diadakan di Athena!  Yap! World Barista Championship tahun 2021 akan menjadi bagian dari Athens World Coffee Championships bersama dengan 4 kompetisi lain dari World Coffee Events yaitu World Brewers Cup, World Cup Tasters Championship, dan Cezve/Ibrik Championship.

Dilansir melalui situs worldbaristachampionship.org, setiap tahun, lebih dari 50 peserta juara masing-masing menyiapkan 4 espresso, 4 minuman susu, dan 4 minuman khas asli atau signature dengan standar yang tepat dalam pertunjukan musik (Yap, kompetisi ini khas dengan ‘musik’ sebagai latar belakang saat kompetisi berlansung) selama 15 menit.

World Barista Championship tahun 2021 akan diadakan di Athene, Greece pada 23-26 Juni 2021. Tentu dengan mempertimbangkan dan mematuhi Covid-19 pre-caution. Untuk update informasi terkait World Barista Championship tahun 2021, kamu bisa klik di sini!

world of coffee athens 2021
Credit: comunicaffe.com

Apa Saja Kategori Minuman yang Digunakan oleh World Barista Championship 2021?

Kompetisi yang diikuti oleh barista terbaik dunia ini memiliki kategori minuman yang akan digunakan untuk penilaian. Berdasarkan 2021 WBC Rules and Regulations dari worldbaristachampionship.org, terdapat 3 kategori minuman yang akan dibuat oleh para peserta. Apa saja? Yuk simak!

Espresso!

Espresso dalam kompetisi ini merupakan minuman satu fluid ounce (sekitar 30mL +/- 5mL) terbuat dari kopi bubuk, dituangkan dari satu sisi portafilter ganda dalam satu ekstraksi terus menerus. Ekstraksi yang dihasilkan harus  full espresso. Penting! Crema harus ditampilkan saat espresso disajikan tanpa break pada coverage!

Juri akan melakukan penilaian terhadap espresso tersebut, jika ekstraksi yang dihasilkan tidak sesuai dengan definisi espresso maka mungkin akan mempengaruhi skor rasa dan/ atau pengalaman sensorik yang dihasilkan. Espresso akan diseduh di mesin dengan brewing temperature yang diatur antara 90,5-96 derajat Celcius.

espresso
Photo by Adi Goldstein on Unsplash

Milk Beverage!

Milk beverage adalah kombinasi dari satu shot espresso dan susu sapi, yang akan menghasilkan keseimbangan harmonis antara susu kental manis dan espresso dengan volume kurang dari 240ml. Peserta diperbolehkan melakukan latte art saat penyajian milk beverage. 

Topping tambahan, termasuk (namun tidak terbatas pada gula) rempah-rempah atau penyedap rasa bubuk tidak diperbolehkan. Jika digunakan, peserta akan menerima nol (0) poin dalam kategoriTaste Balance”.

Steamed foam susu
Credit: Silvina Brodersohn (Unsplash)

Siganature Beverage!

Signature beverage menunjukkan kreativitas dan keterampilan pesaing untuk menciptakan minuman yang menarik dan lebig berfokus kepada individual espresso-focused beverage. Siganture beverage harus berupa minuman cair; juri harus bisa meminumnya. Makanan mungkin menyertai minuman tersebut, tetapi hanya item minuman yang akan dinilai oleh juri sensorik.

Latihan menjadi barista yang mahir
Credit: Brooke Cagle (Unsplash)

Bagaimana Prosedur dari World Barista Championship 2021?

Kompetisi akan terdiri dari tiga babak kompetisi: babak satu (semua peserta), semi-final (16 peserta) dan babak final (6 peserta). Ketiga babak ini bisa dilaksanakan sekaligus dalam satu hari sesuai dengan kebijakan dari WBC.

Di akhir babak pertama, pesaing dengan 15 skor tertinggi akan maju ke babak semi-final. Anggota dengan skor tertinggi dari tim pemenang yang belum maju ke babak Semi Final akan maju sebagai pesaing Wild Card di babak semi final.

Di akhir babak semi-final, pesaing dengan enam 6 skor tertinggi akan maju ke final. Skor peserta dari setiap babak tidak akan dibawa ke babak berikutnya. Peserta tidak akan menerima lembar skor untuk ditinjau atau menerima skor sampai mereka selesai maju dalam kompetisi.

Di akhir babak satu, akan ada upacara di mana pemenang kompetisi beregu akan diumumkan serta 16 semi-finalis. Setelah final akan ada upacara penghargaan di mana finalis akan mendapatkan juara keenam sampai pertama.

WBC
WBC in Amsterdam
Credit: Jeff Hann on worldcoffeeevents.org

Apa yang Juri World Barista Championship Cari?

Juri dari World Barista Championship tahun 2021 akan mencari juara dengan kriteria:

  • Memiliki penguasaan keterampilan teknik, kerajinan, dan komunikasi dan service; dan bersemangat tentang profesi barista.
  • Memiliki pemahaman yang luas tentang pengetahuan kopi di luar 12 minuman yang disajikan dalam kompetisi.
  • Mempersiapkan dan menyajikan minuman berkualitas tinggi.
  • Dapat menjadi panutan dan sumber inspirasi bagi orang lain.
world barista championship
WBC FINAL WINNER
Credit: worldcoffeeevents.org

Yap itu tadi tentang World Barista Championship Tahun 2021! Menarik bukan?

Untuk infomasi lebih lanjut kamu bisa kunjungi link yang ada di artikel dan temukan keseruan-keseruan dari World Barista Championship! Semoga adanya pandemi ini tidak mengurangi semangat para barista kelas dunia untuk berkompetisi, ya!

Jangan lupa kalau kamu mau cari biji kopi mentah, langsung kunjungi Lakopi.id! Dijamin biji kopi mentah yang kamu dapatkan berkualitas dan aman sampai tujuan!

Happy brewing!

Salam, Lakopi Indonesia.