World Cup Tasters Championship 2021: Meet the Profesional Cup Tasters!

World Cup Tasters Championship – Dari banyaknya hal penting yang harus diperhatikan untuk memastikan kopi yang kita minum memiliki kualitas dan cita rasa yang baik, salah satunya adalah cupping. Cupping biasa kita kenal secara sederhana dengan ‘uji cita rasa’. 

Cupping menjadi salah satu rangkaian proses pengolahan kopi yang harus dilakukan sebelum akhirnya dapat kita nikmati. Cup tasters dilakukan untuk untuk mengevaluasi karakteristik aroma dan rasa dari biji kopi. Tentu saja melewati proses ini pun juga ada serangkaian proses dan langkah-langkah khusus.

World Cup Tasters merupakan kompetisi yang menampilkan para profesional cup tasters untuk ‘menguji cita rasa’ dari berbagai jenis specialty coffee. Kabar baiknya World Cup Tasters kembali lagi di tahun 2021 ini, loh!

Mau tahu lebih banyak tentang World Cup Tasters? Yuk kita simak di bawah ini!

Langkah-langkah Coffee Cupping
Credit: northstarroast.com

Apa itu World Cup Tasters Championship?

World Cup Tasters Championship merupakan kompetisi yang diikuti oleh professional coffee cupper yang menunjukkan kecepatan, keterampilan dan ketepatan dalam membedakan perbedaan cita rasa pada kopi specialty. 

Masih dibawah naungan yang sama dengan kompetisi-kompetisi World Coffee Events lainnya, kompetisi ini juga berada di bawah naungan WCE dan Specialty Coffee Association yang pertama diadakan pada tahun 2011. Professonal coffee cupper yang dapat mengikuti tentunya adalah pemenang dari national championship yang diadakan sebelumnya di masing-masing negara.

Tentu kamu sudah mengetahui bahwa kopi terdiri dari berbagai macam jenis/ varietas. Perbedaan negara asal, bahkan wilayah dan perkebunan dapat membedakan cita rasa kopi itu sendiri. Kompetisi World Cup Tasters Championship ini tujuannya adalah agar coffee cupper atau ‘juru cita rasa’ dapat membedakan diantara jenis kopi yang bermacam-macam tersebut.

WCTC
Credit: Kristaps Selga for WCE on worldcuptasters.com

World Cup Tasters Championship Tahun 2021!

Ada kabar gembira nih untuk kamu! World Cup Tasters Championship akan hadir kembali di tahun 2021! Tentunya mempertimbangkan Covid-19 pre-caution serta acara yang telah di desain dan dipertimbangkan dengan matang, World Cup Tasters Championship tahun 2021 akan hadir di Athena!

World Cup Tasters Championship tahun 2021 akan menjadi bagian dari Athens World Coffee Championships bersama dengan 4 kompetisi lain dari acara dalam naungan World Coffee Events yaitu World Brewers Cup, World Barista Championship, dan Cezve/Ibrik Championship.

Untuk info lebih lanjut, kamu bisa klik di sini!

world of coffee athens 2021
Credit: comunicaffe.com

Bagaimana World Cup Tasters Championship Berlangsung?

Kompetisi ini dibagi kedalam sejumlah tes triangular. Pada masing-masing tes triangular akan ada 3 cangkir kopi telah diatur sebelumnya, dua diantaranya identik/sama sedangkan satu cangkir lainnya unik/ berbeda. Tujuan dari kompetisi ini kemudian adalah agar peserta menggunakan indra pengecap dan penciumannya untuk mengidentifikasi cangkir yang unik/ berbeda dari ketiga cangkir yang ada.

Penting diingat! Para coffee cupper diuji pada kemampuannya untuk membedakan kopi yang berbeda, bukan untuk sekaligus mengidentifikasi kualitas, proses, asal, dan lain-lain.

Tes triangulasi akan dilakukan dengan total 8 set. Kopi yang dipilih untuk kedelapan tes akan sama untuk semua cuppers. Selain ‘siapa’ yang mengidentifikasi most odd cup yang dapat menentukan pemenangnya, jika terjadi tie atau sama hasilnya antar satu peserta dengan yang lain, maka waktu juga menjadi salah satu penentu pemenang. Kompetitor harus mencicipi setidaknya dua dari tiga cangkir untuk menentukan the odd one. 

cupper
Credit: majalah.ottencoffee.co.id

Apa Jenis Ekstraksi yang Digunakan dalam Proses Cupping?

Mungkin sebagian dari kalian bertanya, dalam proses coffee cupping dengan metode apa kopi di ekstraksi? Apakah espresso? Atau malah filter brewing? 

Kopi yang akan digunakan dalam kompetisi ini, sesuai dengan Rules and Regulations dari World Cup Tasters Championship yaitu disiapkan menggunakan filter brewing standar 18 liter dengan kualitas yang sesuai standar kompetisi. Suhu brewing yang digunakan yaitu 92-96 derajat celcius dengan waktu brewing 4-6 menit dengan hasil akhir yang sudah jadi dengan suhu 80-85 derajat celcius untuk kemudian disimpan di wadah yang sesuai.

Ilustrasi protokol Coffee Cupping
Credit: europeancoffeetrip.com

Bagaimana Prosedur dari World Cup Tasters Championship?

Pada kompetisi World Cup Tasters Championship akan terdiri dari 4 meja kompetisi setiap stage dengan nomor 1,2,3 dan 4. Kompetisi ini terdiri dari 3 babak yaitu babak pertama, semi-final (8 peserta), dan final (4 peserta) dengan peserta dengan skor tertinggi akan berlanjut ke babak selanjutnya.

Babak perempat final dapat diikutsertakan antara babak pertama dan babak semi-final atas kebijakan penyelenggara acara. WCTC berhak untuk menjadwalkan lebih dari satu putaran kompetisi dalam satu hari (misalnya perempat final, semi final dan final dapat diadakan pada hari yang sama).

Skor dari babak sebelumnya tidak akan berpengaruh kepada babak selanjutnya. Para peserta akan diberikan waktu 8 menit untuk menilai dari 8 tes triangulasi. Saat peserta sudah memilih cangkir pilihannya, maka cangkir tersebut harus di dorong lebih ke depan meja. Jika peserta mengangkat cangkir maka dianggap cangkir tersebut yang dipilih.

world cup tasters championship winner
Credit: Kristaps Selga for WCE on worldcuptasters.com

Di akhir babak semifinal akan ada upacara pengumuman finalis, dan semua peserta yang ada akan diumumkan/ dibacakan. Semua peserta diwajibkan untuk menghadiri ceremonial ini. Setelah babak final akan ada acara penghargaan singkat dimana finalis akan menerima penghargaan mereka.


Itu dia tentang World Cup Tasters yang akan kembali lagi di Athena tahun 2021 ini! Salah satu kompetisi kopi yang unik karena benar-benar membutuhkan skill, serta ketepatan dalam ‘merasakan’ berbagai macam kopi specialty.

Coffee cupping sendiri penting dilakukan tentunya untuk mengevaluasi rasa dan memastikan apakah kopi yang akan kita konsumsi memiliki ‘kecacatan rasa’ atau tidak. Selain itu tentunya akan menambah pengetahuan kita tentang keberagaman rasa dari berbagai jenis kopi yang ada.

Mau tahu lebih banyak tentang coffee cupping? Klik di sini! Oh! Jangan lupa jika kamu membutuhkan biji kopi berkualitas, akan kamu dapatkan dengan praktis melalui Lakopi.id. Silahkan langsung kunjungi Lakopi, ya!

Salam, Lakopi Indonesia.