World Latte Art Championship 2021: Seniman Latte Art Terbaik!

world latte art championship
Photo by Tyler Nix on Unsplash

World Latte Art Championship – Selain World Brewers Cup, World Coffee Events sebagai organisasi yang menaungi acara-acara/ event kopi di dunia juga memiliki kompetisi lain yaitu World Latte Art Championship.

Latte art sendiri sudah tidak asing bagi para coffee drinker tentunya. Menu latte ada disetiap kedai kopi yang kita datangi. Barista handal dari setiap kedai kopi pun terkadang tak segan menunjukkan bakat dan kemampuannya dalam latte art dan mempercantik secangkir latte yang kamu pesan.

World Latte Art Championship sendiri akan mempertemukan barista-barista seniman latte art terbaik dunia untuk kemudian bersaing/ berkompetisi memperebutkan juara pertama -tentunya.

Ssst! Kabarnya tahun 2021 World Latte Art Championship akan diadakan kembali di Taiwan, loh! Mau tahu lebih banyak tentang World Latte Art Championship? Bagaimana sistem kompetisi serta apa saja sih standar yang menentukan latte art terbaik versi kompetisi tahunan ini? Yuk kita simak!

Macchiato
Photo by Louis Hansel on Unsplash

Sejarah dari World Latte Art Championship!

World Latte Art Championship, dikelola dan diproduksi oleh World Coffee Events, sebuah organisasi manajemen acara yang terdaftar di Dublin, Irlandia. World Coffee Event awalnya didirikan pada tahun 2011 oleh Speciality Coffee Association of Europe dan Specialty Coffee Association of America yang sejak itu disatukan menjadi Specialty Coffee Association.

World Latte Art Championship (WLAC) adalah kompetisi yang dibuka untuk pemenang dari National Champions yang merupakan sanctioned competition event dari World Coffee Events. Sama halnya dengan World Brewers Cup, peserta dari WLAC merupakan pemenang dari kompetisi nasional yang diadakan masing-masing negara perwakilan.

latte art
Photo by Benjamin Robyn on Unsplash

World Latte Art Championship 2021 di Taiwan!

World Latte Art Championship tahun 2021 akan diselenggarakan di Taiwan! Yap! Event dari World Coffee Event ini akan menjadi bagian dari Taiwan International Coffee Show in 2021!

Bersama dengan 2 events lainnya dari World Coffee Event yaitu World Coffee In Good Spirits Championship (WCIGS), dan World Coffee Roasting Championship (WCRC). Ini adalah pertama kalinya untuk World Latte Art Championship masuk ke dalam events dari Taiwan International Coffee Show, loh!

World Latte Art Championship (WLAC) memberikan penghargaan kepada seniman latte terbaik melalui beberapa putaran minuman dan desain yang harus mereka tuangkan, baik di atas panggung, dan untuk penonton di Art Bar. Taiwan International Coffee Show akan diadakan di Nangang Exhibition Center di Taipei pada 19-22 November 2021.

Latihan menjadi barista yang mahir
Credit: Brooke Cagle (Unsplash)

Bagaimana Sistematis World Latte Art Championship 2021?

Kompetisi ini dibagi menjadi tiga babak yaitu babak pendahuluan atau preliminary round, babak semi-final, dan babak final.

Selama babak pendahuluan terdiri dari 2 komponen yaitu:

  • Art Bar: dimana satu pola kreatif dibuat untuk para juri dan dinilai berdasarkan kesan keseluruhan yang menarik dan kontras di antara bahan-bahannya. Setiap peserta akan memproduksi latte dengan desain mereka sendiri, menggunakan teknik free-pour dan / atau etching, atau teknik serupa. Dekorasi permukaan (misalnya bubuk cokelat, dll.) Juga dapat digunakan untuk desain Art Bar dalam jumlah sedang. Poin yang lebih tinggi akan diberikan untuk kreativitas yang menonjolkan sepenuhnya keterampilan barista (mis. Menuangkan, mengetsa, bakat artistik, dll.).
  • Stage Performance: dimana dua free-pour latte yang cocok dan dua latte designer yang cocok dibuat untuk juri pada panel tersebut. Setiap peserta memiliki waktu lima menit untuk mempersiapkan station dan delapan menit untuk bertanding. Tidak ada waktu pembersihan yang dialokasikan, meskipun peserta diminta untuk melepaskan peralatan pribadi mereka dari stage segera setelah penampilan mereka.
world latte art championship
Credit: worldcoffeevents.org

Di babak semi-final, peserta harus mempresentasikan dua set free-pour lattes yang cocok, diikuti oleh satu set macchiato free-pour yang cocok. Setiap kategori minuman yang disajikan harus selesai/ complete (contohnya two free-pour lattes) sebelum peserta menyajikan set minuman yang lain, jika peraturan ini tidak diikuti maka peserta akan di diskualifikasi.

Skor tertinggi dari 12 peserta setelah babak pendahuluan akan lanjut mengikuti babak semi-final. Pada babak semi-final, peserta akan membuat total 6 minuman: dua set terpisah matching free-pour lattes dan satu set matching free-pour macchiatos.

Pada akhir babak semi-final, skor tertinggi dari 6 peserta akan lanjut ke babak final yang diadakan seluruhnya on stage. Di babak final, peserta akan membuat dan menyajikan 6 minuman yang terdiri dari 2 set matching free-pour lattes, dan satu set matching designer patterns.

Pada babak final, pertama peserta harus menyajikan dua set terpisah matching free-pour lattes, diikuti dengan satu set dari matching designer lattes. Peserta juga harus menulis Free Pour dan Designer dari corresponding picture.

competitiona area
Photo by Charles Deluvio on Unsplash

Apa Saja Kriteria yang Dinilai Juri dalam World Latte Art Championship 2021?

  • Competition Area: juri akan mengevaluasi area kompetisi untuk melihat kebersihan dari awal sampai dengan akhir performance/ waktu kompetisi.
  • Beverage presentation: poin akan diberikan juri dengan melihat visual/ tampilan dari minuman.
  • Techincal skills: poin diberikan juri berdasarkan pengetahuan peserta terhadap pengetahuan teknik dan kemampuan mengoperasikan mesin espresso dan grinder.
  • Performance: poin akan diberikan juri dengan menilai overall impression atau kesan keseluruhan dari para peserta (kemampuan, dan personal berverage presentation).

Kompetisi yang semakin tahun semakin menarik ini tentu diikuti oleh seniman-seniman latte art terbaik dari seluruh dunia. Siap menantikan pemenang World Latte Art Championship tahun 2021?

Jangan lupa, jika kamu ingin belajar membuat latte dari rumah kamu bisa dapatkan biji kopi berkualitas di Lakopi Indonesia, ya! Klik Lakopi.id sekarang!

Drink coffee healthily and happily!

Salam, Lakopi Indonesia!